March 5, 2024

Ilustrasi (SHUTTERSTOCK)


SUARAUMAT.COM – Setelah lulus dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tugas Anda selanjutnya adalah segera mencari pekerjaan jika tidak ingin melanjutkan studi karena berbagai alasan, bisa soal biaya atau lainnya.

Ketika Anda menjadi lulusan baru atau fresh graduate, ada banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Tentu semuanya harus disesuaikan dengan jurusan yang diambil di sekolah.

Bagi yang berminat dengan posisi staf admin, terdapat perbedaan pada masing-masing bagian admin yaitu menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Agar tidak bingung dengan jenis admin lainnya, yuk cari tahu lebih lanjut seperti apa pekerjaan admin produksi di sebuah perusahaan.

Ini akan sangat membantu bagi Anda yang mungkin menemukan lowongan admin produksi tetapi masih tidak tahu harus berbuat apa.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tugas admin produksi dan kisaran gajinya.

Tugas admin secara umum

Sebelum kita membahas pekerjaan seorang admin produksi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja tugas seorang admin secara umum.

Walaupun namanya berbeda, tugas admin secara umum adalah memberikan pelayanan perkantoran seperti memberikan fasilitas administrasi untuk menunjang kelancaran pekerjaan seluruh bagian suatu perusahaan.

Tugas staf admin juga bisa fokus mengelola pendataan, menindaklanjuti proses pembelian, menjawab panggilan telepon masuk, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan admin produksi

Staf admin produksi biasanya berada di pabrik. Pekerjaan admin produksi adalah membantu pekerjaan bagian produksi atau divisi dalam hal administrasi.

Seorang staf admin produksi akan bertanggung jawab untuk mengolah data dari pra produksi yaitu dari bahan baku, produksi hingga barang jadi dan siap dikirim ke konsumen.

Tidak hanya mengurus kebutuhan dokumen, admin produksi juga bertanggung jawab untuk mengawasi bagian operator produksi.

Tugas admin produksi

Jika Anda ingin menjadi admin produksi, ada beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab Anda. Berikut ini adalah tugas admin produksi, yang biasa ditemukan di perusahaan:

  • Mengumpulkan Data Produksi
  • Memasukkan Data ke Komputer
  • Mengontrol Proses Produksi
  • Tetapkan Jadwal Pekerja
  • Menghitung Bahan Produksi
  • Mencatat Efektivitas Kerja Mesin
  • Menerima Permintaan atau Pesanan
  • Membuat Pengembalian atau retur Sisa Bahan Baku

Gaji admin produksi

Admin produksi adalah salah satu posisi yang paling dicari. Biasanya jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan juga mampu menempati posisi ini.

Untuk gaji admin produksi sendiri besarannya bervariasi, tergantung perusahaan dan juga UMR yang berlaku. Namun standar gaji admin produksi berada pada kisaran Rp. 3.600.000 untuk lulusan SMK.

Tentu saja, jika pendidikan dan pengalaman Anda lebih tinggi, gajinya bisa lebih tinggi. Jika Anda ingin mencari lowongan kerja, Anda bisa membuka lowongan kerja dari halaman yang tersedia di Google.

(su/kp)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content