February 23, 2024

Ilustrasi bolam sebagai hadirnya ide-ide brilian para pemilik perusahaan merubah nama asli perusahaan mereka dengan nama baru yang pada akhirnya terkenal sampai saat ini. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, SUARAUMAT.com – Dalam banyak kasus, nama merek bisa membuat sebuah produk sukses atau bahkan hancur. Tahukah Anda bahwa banyak perusahaan terkenal saat ini, awalnya memiliki nama yang berbeda? Berikut nama asli 11 perusahaan ternama dunia yang memilih mengganti nama asli dengan nama baru.

1. Quantum Computer Services jadi AOL

AOL

Didirikan pada tahun 1985, Quantam Computer Services mengubah namanya menjadi America Online pada Oktober 1991. Pada April 2006, America Online secara resmi mengadopsi nama AOL yang merupakan singkatan eksklusifnya.

2. BackRub menjadi Google

BackRub jadi Google sampai sekarang.
Kembali pada tahun 1996, salah satu mesin pencari nomor satu dunia, “Google”, dahulunya dibuat dengan nama “BackRub”. Penciptanya, Larry Page dan Sergey Brin, mengubah nama bisnis dan teknologi mereka menjadi Google pada tahun 1998.
Kata “Google” sendiri merupakan plesetan dari kata “googol” yang merupakan nama sebuah istilah dalam matematika. Istilah ini digunakan untuk sejumlah angka yang dimulai dengan angka 1 diikuti dengan 100 angka nol. Penggunaan istilah tersebut mencerminkan mesin pencari dengan jumlah informasi yang tak terbatas, “Google”.

3. Apple Computers jadi Apple, Inc.

Apple Computer

Didirikan pada tahun 1976, raksasa teknologi yang kita kenal sekarang sebagai “Apple” awalnya bernama “Apple Computers” oleh pendirinya Steve Jobs, Ronald Wayne dan Steve Wozniak.

Pada tahun 2007, Jobs mengumumkan bahwa perusahaan tidak lagi menggunakan kata “Komputer” untuk lebih mencerminkan langkah mereka ke bidang yang lebih luas dari pasar elektronik global. “Mac, iPod, Apple TV, dan iPhone. Hanya salah satunya adalah komputer. Jadi kami mengubah namanya,” kata Jobs saat itu.

4. Research in Motion jadi Blackberry

Research in Motion

Perusahaan ini berdiri ada tahun 1984, “Research in Motion” adalah pengembang teknologi data nirkabel pertama di Amerika Utara. Pada Januari 2013, perusahaan mengumumkan bahwa mereka mengubah namanya menjadi “Blackberry” (BB), perangkat “smartphone” yang diakui secara luas dalam upaya untuk menghidupkan kembali merek awal yang menurun. Kamu pasti pernah merasakan masa kejayaan BB sampai akhirnya didominasi android BB, pun menghilang.

5. Brad’s Drink jadi Pepsi-Cola

Brad’s Drink sekarang jadi Pepsi-Cola.
Pada tahun 1893, seorang apoteker North Carolina bernama Caleb Bradham mulai bereksperimen dengan beberapa resep “minuman ringan”. Salah satu produknya bernama “Brad Drink”. Pada tahun 1898 “Brad Drink” berubah nama menjadi “Pepsi-Cola” dan kemudian menjadi salah satu merek yang paling dikenal di dunia saat ini.

6. Tokyo Tsushin Kogyo jadi Sony

Tokyo Tsushin Kogyo sekarang jadi Sony.
Siapa yang tidak kenal dengan merek Sony? Pada tahun 1946, sebuah bengkel radio didirikan dengan nama “Tokyo Tsushin Kogyo” dan bertanggung jawab atas radio transistor pertama di Jepang pada tahun 1955. Seiring waktu nama perusahaan tersebut kemudian diganti menjadi “Sony Corporation” pada tahun 1958 sebelum perusahaan tersebut memproduksi televisi transistor pertama di dunia pada tahun 1960.

7. Starbucks Coffee, Tea and Spice, Il Giornale Coffee Company menjadi Starbucks

Perubahan Starbucks.
Dengan nama yang terinspirasi oleh Moby Dick, “Starbucks Coffee, Tea and Spice” didirikan pada tahun 1971. Pada tahun 1983, Howard Schultz, CEO Starbucks, meninggalkan perusahaan untuk membuat kedai kopi bergaya Italia dengan nama “Il Giornale”. Empat tahun kemudian, dia membeli perusahaan asli dan memilih untuk membawa kembali nama “Starbucks”.

8. Blue Ribbon Sports jadi Nike

Blue Ribbon Sports jadi Nike.
Kamu pasti tahu dengan merek satu ini. Ya, Nike sebelumnya dikenal sebagai “Blue Ribbon Sports” dan awalnya beroperasi sebagai distributor untuk pembuat sepatu Jepang Onitsuka Tiger. Awalnya perusahaan ini didirikan dengan modal hanya 1.200 dollar AS, perusahaan tersebut kemudian mengambil nama “Nike” yang merupakan dewi dalam mitologi Yunani yang berarti kemenangan.

9. Jerry Guide to World Wide Web menjadi Yahoo

Jerry’s Guide to Worl Wide Web (www) menjadi Yahoo.
Jerry Yang dan David Filo adalah mahasiswa PhD di Stanford ketika mereka menciptakan apa yang akan menjadi salah satu mesin pencari terbesar di dunia saat ini yang disebut “Yahoo”. Tapi awalnya, Jerry dan David menamai produk mereka “Jerry Guide”. Namun, mereka segera mengubah nama mereka menjadi “Yahoo”, yang merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle.”

10. Firebird jadi Firefox

Firebird menjadi Firefox sekarang.
Browser Mozilla yang terkenal, tidak banyak yang tahu bahwa merek awal dari browser tersebut sebenarnya adalah “Firebird”. Namun, perusahaan tersebut memutuskan untuk mengganti namanya menjadi “Firefox” agar lebih mudah diingat oleh konsumen internet.

11. Facebook jadi Meta

Facebook jadi Meta.
Facebook Inc yang mengendalikan Facebook sebuah platform sosial media paling populer saat ini, resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc. Perusahaan holding yang menaungi Facebook, WhatsApp dan Instagram tersebut dimiliki oleh Mark Zuckerberg dan sekarang Facebook Inc secara resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc pada Jumat, 29 Oktober 2021. 
Editor: Kun

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content