Presiden Joko Widodo (memakai selendang) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dalam acara peresmian Kampus Politeknik Dr. Aloysius Benedictus Mboi (Ben Mboi), Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan) yang terletak di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Facebook Presiden Joko Widodo @Jokowi) 

ATAMBUA, SUARAUMAT.com – Presiden Joko Widodo meresmikan kampus Politeknik Ben Mboi, Universitas Pertahanan (Unhan) di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (24/3/2022). Usai peresmian, Presiden Jokowi mengunjungi ruang kelas dan berbagai fasilitas pendidikan di sana.

Acara peresmian kampus Unhan Ben Mboi juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara M Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Nafsiah Mboi.

Acara tersebut juga dihadiri pejabat dari Kodam Udayana, Polda NTT, Kejaksaan, serta tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Rangkaian acara peresmian juga dimeriahkan dengan karnaval dan penampilan drum band Kadet Mahasiswa Unhan di alun-alun Atambua.

Kampus Politeknik Ben Mboi menyelenggarakan program D3 vokasi dengan 7 program studi. Saat ini proses belajar mengajar telah dilaksanakan dengan 175 kadet mahasiswa dan 47 dosen.

Lihat juga: Jokowi tinjau sumur pompa hidram di Desa Oinlasi TTS

Kampus dilengkapi dengan aula, perpustakaan, mes kadet mahasiswa, ruang makan, dan fasilitas lainnya. Pembangunan kampus akan terus dilakukan untuk memenuhi kapasitas 525 kadet mahasiswa serta mes dosen, laboratorium dan berbagai lapangan olahraga.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan kampus Politeknik Ben Mboi, Universitas Pertahanan (Unhan) di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, 24 Maret 2022. (Foto: Unhan)

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga meninjau pameran hasil penelitian dosen dan desain teknologi tepat guna untuk karya kadet mahasiswa Unhan. Karya-karya itu antara lain untuk keperluan logistik militer.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan kampus Politeknik Unhan Ben Mboi di kawasan perbatasan merupakan wujud nyata dari prioritas nasional 2022 dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. 

Para kadet mahasiswa Unhan akan ditempa menjadi ilmuwan TNI untuk menghadapi Indonesia Emas 2045.

“Hari ini saya meresmikan Politeknik Dr. Aloysius Benedictus Mboi, Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan) yang terletak di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur,” tulis Jokowi di akun media sosial resmi Facebook Presiden Joko Widodo.

“Dengan keberadaan kampus ini, saya berharap keterampilan anak-anak muda di daerah sekitar dapat terus meningkat sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri dan dunia usaha,” tulis Jokowi lagi.

“Pembangunan sumber daya manusia adalah fondasi untuk Indonesia Maju. Karena itu, pelayanan pendidikan harus tersebar secara merata di seluruh penjuru Tanah Air, bisa diakses oleh seluruh masyarakat tanpa kecuali, dan memiliki kualitas yang baik. Dan itulah yang kita lihat dari keberadaan Politeknik Dr. Aloysius Benedictus Mboi di Belu ini,” pungkas Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Kun II Editor: Kun

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content