Juni 16, 2024

DPP ASATI bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Bandung dan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mendukung Paket Wisata Kreatif di kota kembang julukan kota Bandung.
DPP ASATI bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Bandung dan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mendukung Paket Wisata Kreatif di kota kembang julukan kota Bandung. /Dok. ASATI


BANDUNG, SUARAUMAT.com – DPP ASATI bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Bandung dan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mendukung Paket Wisata Kreatif di kota kembang julukan kota Bandung. 

Ini merupakan sebuah pergerakan dari kelompok Nusantara Kreatif yang menyadari bahwa Bandung Jawa Barat (Jabar) sudah terkenal dengan banyaknya kreativitas dari insan-insan kreatif, namun belum bernilai ekonomis.

Selasa, 29 Maret 2022 di Pondok Selera Sunda Jl. Sukajadi No 246 Bandung, tempat dimulainya momentum awal pergerakan Road to Bandung Creative Tourism, mengadakan Talk Show dan resto ini menyediakan diri untuk menjadi wadah ajang silaturahmi para komunitas kreatif yang tersebar di kota Bandung. 

Tercatat hadir para kreator dari komunitas Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion, Film – Animasi – Video, Fotografer Periklanan, Kriya, Kuliner, Musik, Aplikasi, Pengembangan Permainan, Periklanan, Seni pertunjukkan dan Seni Rupa. 

Acara dibuka oleh Danlanal, Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla. Sebagai fasilitator, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata kota Bandung, Dewi Kaniasari, S.Sos., MA., hadir langsung sebagai narasumber bersama ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Jabar, Avip Firmansyah dan Ketua Umum ASATI, M. Syukri Machmud. 

“Terungkap pada kegiatan ini bahwa Gekrafs sudah menghimpun simpul-simpul gerakan tersebut bahkan Kadisbudpar sudah punya data tempat dan kegiatan simpul-simpul itu sehingga “tinggal dijahit saja menjadi paket wisata kreatif”, ujar ketua umum Asati. 

Langkah selanjutnya mengaktifkan wadah tempat berkumpul di sekretariat agar dapat berkolaborasinya banyak elemen kreatif, kemudian membuat gerakan sadar kreatif. Safari Ramadan gerakan ekonomi kreatif adalah program didepan mata. 

ASATI (Association of Sales Travel Indonesia) adalah sebuah organisasi atau asosiasi yang menjadi mitra pemerintah senantiasa memberi alternatif guna terciptanya terobosan-terobosan baru dalam membangun industri pariwisata di Indonesia. 

Kolaborasi ASATI-Disbudpar mendukung Paket Wisata Kreatif kota Bandung
Pergerakan Nusantara Kreatif bersama ASATI mendorong pertumbuhan pariwisata kreatif Kota Bandung dan sekitarnya. /Dok. ASATI

“Jadi ini bukan hanya di Bandung, tetapi di seluruh Indonesia, ASATI akan bersama-sama para pemangku kepentingan di daerah merajut kembali ekonomi pariwisata yang sempat tenggelam akibat pandemi covid-19,” jelas Syukri menambahkan.

Dari Bandung paket Kreatif Nusantara ini akan dikembangkan di seluruh Indonesia sebagi role model pembangunan pariwisata yang berkesinambungan dan menyentuh langsung denyut perekonomian rakyat.

Pewarta: Kun/Editor: Kun

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content