Juni 20, 2024

Yuk Caritahu Apa Saja Fitur Canggih Google Translate yang Bisa Kamu Coba
Foto: Ilustrasi Google Translate. (AP Photo/Rogelio V. Solis)

SUARAUMAT.com – Google Translate merupakan aplikasi penerjemah yang paling banyak digunakan karena menyediakan banyak pilihan bahasa dari seluruh dunia. 

Google Translate (Google Terjemahan) juga dapat diakses dengan mudah melalui website atau aplikasi di smartphone.

Selain Google Translate yang merupakan produk dari salah satu perusahaan terkemuka yaitu Google. Google Translate dipilih banyak orang karena memiliki banyak fitur canggih.

Baca juga: Rem Blong Saat Berkendara Mobil, Begini Cara Mengatasinya

Sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui fitur canggih ini di Google Terjemahan. Setidaknya, ada 7 fitur canggih di Google Translate.

Lantas, apa saja fitur-fitur canggih di Google Translate?

Fitur canggih di Google Translate

Ada beberapa fitur canggih di Google Translate yang bisa kamu coba untuk mengefektifkan proses penerjemahan bahasa. Adalah sebagai berikut:

1. Typing to Translate (Menerjemahkan kata yang diketik)

Typing to Translate adalah fitur dasar di Google Translate. Pengguna dapat menerjemahkan kata atau kalimat dengan cara mengetik.

Saat mengetik, pastikan sesuai dengan ketersediaan bahasa di Google Translate. Setidaknya, saat ini ada 103 bahasa yang bisa diterjemahkan melalui fitur ini. Standar huruf yang digunakan disesuaikan dengan negara asal masing-masing pengguna.

2. Speak to Translate (Menerjemahkan Suara)

Fitur lain yang tak kalah canggih di Google Translate adalah penerjemahan suara menjadi teks. Jadi, pengguna Google Translate dapat menerjemahkan kata atau kalimat melalui suara yang direkam secara otomatis oleh aplikasi.

Selanjutnya, suara tersebut akan diubah menjadi teks dengan bahasa terjemahan yang diinginkan. Fitur penerjemah suara dapat dinikmati dalam dua versi.

Versi pertama adalah melalui mikrofon yang dilambangkan oleh gambar mic dan versi percakapan disimbolkan oleh gambar dua orang. Secara umum kedua versi tersebut sama, yang membedakan adalah pada versi percakapannya, dimana suara dapat direkam secara otomatis dalam waktu yang relatif lama.

Jadi Anda tinggal mengucapkan kata atau kalimat secara langsung atau dari orang lain, nanti sistem aplikasi akan menerjemahkannya dengan cepat. Pastikan juga suara yang masuk jelas.

3. Camera Translation (Terjemahan dari Kamera)

Fitur canggih berikutnya di Google Translate adalah Camera Translation yang dapat memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa.

Untuk menikmati fitur Camera Translation ini, pengguna cukup mengarahkan kamera ke objek yang ingin diterjemahkan, kemudian sistem akan menerjemahkannya secara otomatis sesuai dengan bahasa pilihan kamu.

4. Write to Translate atau Handwriting (Tulisan Tangan)

Fitur canggih dari Google Translate selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Write to Translate atau Handwriting atau Tulisan Tangan. Fitur ini akan menerjemahkan tulisan tangan. Biasanya fitur ini digunakan untuk menerjemahkan karakter khusus.

Nantinya, Google Translate akan mendeteksi tulisan tangan pengguna dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan. Kamu dapat menggesek jari kamu atau dengan menggunakan pensil layar sentuh untuk menerapkannya. Pengguna dapat menulis huruf, kata, dan kalimat pada aplikasi.

Namun sebelumnya, tap menu Handwriting terlebih dahulu. Fitur ini memiliki simbol pena yang terletak di kanan atas layar.

5. Tap to Translate (Menerjemahkan Teks di Aplikasi Lain Tanpa Menyalin)

Fitur Tap to Translate sangat memudahkan pengguna (user-friendly) dan berguna bagi pengguna WhatsApp atau layanan pesan instan lainnya. Pengguna bisa langsung menerjemahkan kata atau kalimat di aplikasi pesan (messaging) tanpa harus membuka aplikasi Google Translate lagi.

Baca juga: Jadi Miliarder Termuda di Dunia, Bocah 9 tahun Ini Punya Rumah Mewah Hingga Jet Pribadi

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pengguna cukup mengaktifkan mode Tap to Translate di menu “Setelan” di aplikasi Google Translate. Jika sudah, maka cukup salin pesan yang ingin kamu terjemahkan, lalu tekan ikon Google Translate yang muncul. Selesai, terjemahan pesan akan muncul secara otomatis.

6. Transcribe (Menerjemahkan Percakapan Langsung)

Transcribe adalah salah satu fitur canggih terbaru di Google Terjemahan yang memungkinkan pengguna merekam percakapan langsung dan kemudian menerjemahkannya.

Jika iya, ada delapan bahasa asing yang bisa diterjemahkan di antaranya bahasa Inggris, Prancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

Keuntungan dari fitur Transcribe ini adalah memungkinkan dilakukannya terjemahan berdurasi panjang. Selain itu, hasil terjemahan dapat langsung ditampilkan pada layar.

7. Offline Translate (Menerjemahkan Saat Offline)

Fitur menarik terakhir dari Google Translate yang harus kamu coba adalah menerjemahkan bahasa secara offline. Fitur ini tentu akan sangat memudahkan pengguna, apalagi saat tidak ada internet. Masih banyak pengguna yang beranggapan bahwa Google Translate hanya bisa diakses jika perangkat terhubung dengan internet.

Baca juga: 7 Tips antigagal memilih parfum terbaik

Cara ini bisa dinikmati dengan mengunduh bahasa utama negara tujuan yang diinginkan. Cara menggunakan fitur ini, cukup dengan memilih menu “Offline Translation”, lalu pilih bahasa yang akan digunakan. Jangan khawatir dengan hasilnya, karena hasilnya dijamin akurat.

Itulah informasi mengenai fitur-fitur canggih di Google Translate yang belum banyak diketahui orang dan kamu harus mencoba fitur-fitur canggih ini. Semoga bermanfaat.

Penulis: Kun/Editor: Kun

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content