March 3, 2024

Manfaat Zakat untuk Kesehatan Rp24,3 miliar telah disalurkan Basnaz selama 2021
Peta penyebaran zakat Baznas untuk kesehatan. (Foto: Suaraumat.com/Mihardo Saputro)


JAKARTA, SUARAUMAT.com –
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Noor Achmad mengatakan, sepanjang tahun 2021, BAZNAS telah menyalurkan manfaat zakat sebesar Rp24.395.297.663 untuk kesehatan masyarakat. Total ada 362.254 orang yang mendapatkannya di seluruh Indonesia.

Sebaran manfaat kesehatan dirasakan 49.246 orang yang dirawat di Rumah Sehat Baznas (RSB) Republik Indonesia, 117.528 orang di RSB Yogyakarta, 39.157 orang di RSB Sidoarjo, 27.171 orang di RSB Pangkal Pinang, 19.114 orang di RSB Palu RSB Parimo, 44.816 orang, dan RSB Makassar 63.888 orang.

Baca juga: Sah! Baznas Depok Tetapkan Nominal Zakat Fitrah Tahun 2022, Rp45.000

Dalam memberikan pelayanan atas manfaat kesehatan tersebut, BAZNAS menyediakan berbagai layanan untuk Pelayanan Dalam Ruang (PDR), seperti poli gigi dan mulut, poli umum, rawat inap, poli spesialis, fisioterapi, Unit Gawat Darurat, poli Psikologi, dan layanan laboratorium.

Untuk Pelayanan Luar Ruang (PLR), Rumah Sehat BAZNAS memberikan layanan berupa pemeriksaan kesehatan ibu dan anak (KIA), kesehatan jiwa, tuberkulosis (TB), pencegahan stunting dan pengiriman ambulans.

Baca juga: Hukum Berhubungan Badan Antara Suami Istri di Bulan Ramadan

Noor Achmad mengatakan, pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan seperti pembangunan Rumah Sehat di Istiqlal terus ditingkatkan agar seluruh masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan manfaat dari zakat, terutama yang dikelola oleh BAZNAS.

Manfaat Zakat untuk Kesehatan Rp24,3 miliar telah disalurkan Basnaz selama 2021
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Noor Achmad. (Foto: Suaraumat.com/Mihardo Saputro)

“Dalam praktiknya, hampir tidak ada pembangunan masjid atau program untuk kemakmuran masjid yang terlantar dan tidak ada orang yang membangun masjid yang ditelantarkan Allah SWT,” ujarnya saat menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sehat Istiqlal di Jakarta Jumat (29/4/2022).

Noor Achmad berharap pembangunan Rumah Sehat Baznas bisa selesai sebelum pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia.

Baca juga: Salat Tarawih Perdana Masjid Al-Ma’mur Perumahan Bumi Asri Kutabumi Tangerang: Semangat Membangun Ukhuwah Umat

BAZNAS bekerja sama dengan Masjid Istiqlal Jakarta, melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan Rumah Sehat Baznas Istiqlal Jakarta pada Jumat, 29 April 2022. 

Dalam giat tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Staf Ahli Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal Kemenkeu Suminto dan manajemen BAZNAS.

(Red/Sum/kp)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content