February 25, 2024

Simak 8 bahan alami yang bisa digunakan sebagai lulur perawatan kulit kaki
Simak 8 bahan alami yang bisa digunakan sebagai lulur perawatan kulit kaki. [Foto: Pexels/Anete Lusina]

Konradus Fedhu – SuaraumatGayaHidup

SUARAUMAT.com – Kulit kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dan tidak boleh luput dari serangkaian perawatan.

Selain sebagai penyangga tubuh, kulit kaki juga berfungsi untuk melindungi mata kaki dari berbagai benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sesuai dengan fungsinya yang berisiko, kaki juga harus dirawat dari luar dan dalam, salah satunya dengan rutin menggunakan lulur kaki.

Dilansir Suaraumat.com dari The Healthy, berikut perpaduan dalam racikan lulur alami yang dirangkum dari berbagai ahli:

1. Soda kue

Setelah aktivitas yang panjang dan melelahkan, Anda dapat menenangkan diri dan mendinginkan kaki dengan merendam kaki dalam ember atau bak yang berisi soda kue yang lembut.

Caranya, Anda hanya perlu melarutkan tiga sendok makan soda kue ke dalam baskom dan tambahkan air hangat.

Selanjutnya, untuk eksfoliasi, Anda bisa melanjutkan dengan menggosok kaki secara lembut menggunakan pasta soda kue.

2. Bubuk kopi

Jika Anda gemar minum kopi hitam, ampasnya bisa dijadikan sebagai lulur kaki.

Cukup tambahkan gula pasir, minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah mengental, lulur langsung dibalurkan ke kulit kaki yang sudah dibasahi terlebih dahulu. 

3. Madu dan gula

Tumit kering dan pecah-pecah membuat penampilan menjadi tidak nyaman.

Sebagai solusi, gunakan madu dan gula untuk bahan lulur kaki.

Selain itu bisa juga ditambahkan dengan minyak kelapa, minyak herbal atau minyak lainnya yang baik untuk kulit tubuh.

4. Garam laut dan peppermint

Campuran lulur ini dapat melembutkan kulit yang keras dan kasar. Selain itu, aroma peppermint yang khas juga bisa membuat suasana menjadi rileks.

Untuk membuat lulur ini, campurkan sedikit garam dengan almond atau minyak zaitun. Kemudian tambahkan minyak peppermint dan garam himalaya bersama tiga liter air panas.

Rendam kaki dalam air garam selama 10 hingga 15 menit. Kemudian, pijat campuran lulur ke kaki Anda lalu bilas.

5. Gula merah

Butiran gula merah yang lembut dan halus membuatnya mudah larut dalam air hangat.

Untuk menggunakannya sebagai lulur kaki, caranya, campurkan secangkir gula merah dan minyak zaitun, tambahkan kelopak bunga favorit Anda, dan gosok dengan kuat sampai kelopaknya pecah dan mengeluarkan minyak alaminya sendiri.

Setelah beberapa menit lalu bilas, kulit kaki langsung terasa halus dan cerah. Lulur sisa dapat disimpan dalam toples di rak hingga seminggu dan hingga sebulan di lemari es.

6. Susu dan gula

Selain bermanfaat untuk metabolisme tubuh, susu juga sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit pada kaki. Selain bisa langsung merendam kaki ke dalam susu yang dituangkan di baskom, agar lebih maksimal.

Susu bisa dicampur dengan air panas yang dicampur gula, dan minyak kelapa. Air panas dapat membantu melembutkan kulit, dan asam laktat dalam susu akan membantu menghancurkan sel-sel kulit mati dengan lembut. Sedangkan lemak susu akan berfungsi untuk melembapkan kaki.

7. Madu dan lemon

Sejak zaman dahulu kombinasi madu dan lemon dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan tentunya untuk kulit di kaki, jika ingin digunakan sebagai lulur, campurkan setengah cangkir garam, gula dan minyak kelapa.

Kemudian tambahkan satu sendok makan madu dan lima tetes minyak esensial lemon. Basahi kaki Anda dan oleskan lulur. Bilas lalu keringkan.

8. Daun mint

Jika Anda menginginkan kulit kaki yang lebih segar, Anda bisa menggunakan daun mint sebagai bahan dasar lulur Anda. Caranya hampir mirip dengan lulur menggunakan daun peppermint.

Campurkan dua cangkir gula merah, secangkir minyak kelapa, dan sedikit minyak peppermint. Gosokkan campuran tersebut pada kaki Anda dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dan keringkan.

Itu dia teman-teman tips perawatan kulit kaki yang bisa kamu praktikan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami, semoga bermanfaat.

(kn/sum)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content