February 23, 2024

Tembus 143,1 juta pengikut di Tiktok, Khaby Lame kalahkan Charlie D'Amelio 142,3 juta
Khaby Lame. [Foto: Tangkapan layar Instagram @khaby00]

Konradus Fedhu – SuaraumatTeknologi

SUARAUMAT.com – Khaby Lame saat ini menjadi TikTokers dengan pengikut (followers) terbanyak di dunia. Pembuat konten yang berbasis di Italia itu kini memiliki 143,1 juta pengikut.

Jumlah ini mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Charlie D’Amelio, yang pada saat berita ini ditulis adalah 142,3 juta.

Di usianya yang baru 22 tahun, Khaby sudah dikenal seantero dunia lewat konten komedinya. Khaby Lame mulai dikenal sejak tahun lalu, seiring dengan jumlah followers yang juga semakin meningkat.

Video pertamanya di TikTok diunggah setelah ia kehilangan pekerjaannya sebagai buruh pabrik, akibat pandemi Covid-19. Akhirnya, ia memutuskan untuk tinggal bersama orang tuanya di Chivasso, Italia.

Seperti kebanyakan pembuat konten, Khaby Lame telah membuat konten menari, menonton video game, atau konten komedi. Setelah itu, Khaby mulai menyajikan konten reaksi tentang “life hacks” yang absurd dengan gaya satire atau sindiran.

Seketika konten tersebut mendapat banyak penonton dan tanda suka. Salah satu gayanya yang paling khas adalah ekspresi wajah datar seperti putus asa sambil mengangkat bahu.

“Saya mendapatkan ide (konten) karena saya melihat video-video ini beredar (di TikTok). Saya menyukai ide (yang Khaby lakukan) ini untuk menghadirkan kesederhanaan,” jelas Khaby, sebagaimana dikutip dari CNN Business, Sabtu (25/6/2022).

Khaby juga menambahkan bahwa dia sedang mencari cara untuk menjangkau sebanyak mungkin orang untuk menonton kontennya. Belakangan, ia menemukan cara bahwa dengan tidak berbicara adalah cara terbaik.

Mengandalkan ekspresi wajah

Tembus 143,1 juta pengikut di Tiktok, Khaby Lame kalahkan Charlie D'Amelio 142,3 juta
Khaby Lame. [Foto: Tangkapan layar Instagram @khaby00]

Inilah yang melekat padanya sampai hari ini. Khaby dikenal sebagai kreator yang memiliki pesona tidak pernah bicara. Hanya mengandalkan ekspresi wajah dan gerakan tubuhnya saja.

Contoh lain, ekspresi Khaby dengan mengulurkan telapak tangan menghadap ke atas, seolah mengatakan “duh” sebagai bentuk perasaan bingung.

Humor yang tercipta mampu membuat para pengguna dan penggemarnya bertahan. Konten yang disajikan saat ini telah mengalami perubahan.

Kreator asal Afrika ini lebih fokus pada sandiwara komedi bisu. Perubahan tersebut masih memungkinkan dia untuk mendapatkan banyak penonton dan suka.

Tak hanya itu, para penggemar juga mendukungnya menuju puncak melalui komentar positif agar ia bisa terus berkarya dan menghasilkan video-video lucu.

Kini, ekspresi wajah ikonik tersebut menjadi “memme” lucu yang beredar di dunia maya. 

Hanya ingin membuat orang tertawa

Namun, Khaby sendiri belum mengomentari dirinya yang kini menjadi pengguna TikTok paling banyak followers di dunia.

Namun, dalam wawancara yang dilakukan tahun lalu, Khaby mengatakan bahwa video yang diposting sejauh ini tidak bertujuan mencari ketenaran.

“Saya tidak peduli apakah saya di peringkat pertama, kedua, atau keempat paling populer di TikTok. Saya mulai membuat video karena saya ingin membuat orang tertawa di masa lockdown (waktu itu),” imbuhnya.

Di platform media sosial lain, Instagram misalnya, Khaby Lame mempunyai pengikut sebanyak 78,4 juta. 

Pencapaiannya selama ini juga membuatnya senang karena keinginannya untuk menghibur banyak orang bisa tercapai.

(sum/kn)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content