March 3, 2024

ASATI Live Event On Zoom Perang Benteng Perang Maritim Terbesar Abad Ke-19 di Palembang, Yuk Belajar Bareng


ASATI
– True Back History – Majelis Adat Melayu Palembang Darussalam – Sutanadil Institute

SUARAUMAT.com – ASATI (Asosiasi Sales Travel Indonesia) terus bergerak membangun kembali memori-memori kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia, khususnya kejayaan-kejayaan masa lampau yang termanifestasi dalam program pariwisata yang komprehensif.

Melalui program-program acara yang dipeloporinya, kali ini ASATI menggelar seminar online bertemakan sejarah yang seharusnya menjadi cerita kemenangan bagi generasi muda Indonesia, tetapi fakta berbicara sejarah ini tidak atau belum banyak diketahui. 

ASATI terus menggali potensi kearifan lokal bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk dikemas menjadi nilai ekonomi tinggi yang outputnya adalah semata-mata untuk kesejahteraan rakyat,” ungkap Ketua Umum ASATI, M. Syukri Machmud. 

Sejarah perang Palembang tahun 1819 -1821, yang sebelumnya didahului dengan perang melawan VOC tahun 1659 dan Inggris tahun 1812 adalah perang maritim terbesar yang terjadi di abad 19.

Sayangnya sampai sekarang belum terungkap, baik dalam buku standar sejarah nasional Indonesia, maupun tulisan-tulisan lain. 

Dalam suasana HUT Kota Palembang ke-1339, kami dari Sutanadil Institute dan Komunitas True Back History bersama ASATI dan Majelis Adat Melayu Palembang Darussalam mengangkat kembali gambaran perang ini dalam buku “PERANG BENTENG, Perang Maritim Terbesar Abad ke-19 di Palembang” yang ditulis oleh HG Sutan Adil dan mengadakan Zoominar yang akan diadakan melalui:

Link Zoom Meeting:

https://us02web.zoom.us/j/85411610629?pwd=qYSI8xH3pzgaR-sWxws31FoWgywqxz.1

Meeting ID: 854 1161 0629

Passcode: PBenteng

Hari: Sabtu, 02 Juli 2022

Pukul: 19.30 s/d 21.00 Waktu Jakarta.

(sum/adv)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content