February 25, 2024

Terkait pemberitaan mafia kasu tambang ilegal di Bolmong raya, Yusak Somba Hal itu tidak benar itu hoax
Yusak Somba (paling kanan) bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dalam sebuah kunjungan Klub otomotif. [Foto: Dok. Istimewa] 

Konradus Pedhu – SuaraumatNews


“Perihal kunjungan ke Manado itu bukan kunjungan pribadi tapi secara bersama-sama kunjungan beberapa klub di dunia otomotif, dan karena memang kita ambil medan Sulawesi Celebes Makassar Manado” Yusak Somba


JAKARTA, SUARAUMAT.com – Ramai di sosial media grup Facebook bernama Lambe Turah Kawanua yang memposting berita dan foto-foto Yusak Somba seorang pengusaha asal Jakarta. 

Adapun narasi itu menyebutkan Yusak Somba terlibat tambang ilegal di Bolmong atau Bolaang Mongondow raya, Sulawesi Utara.

Bantahan Yusak Somba

Semua yang ditulis di akun sosial media itu menurut Yusak tidak benar. Pemilik nama lengkap Yusak Stevvie Mourice Somba, S.E., S.H., itu mengatakan memang benar data-data dirinya itu sesuai dengan yang asli.

“Kalau memang kita tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan berniat baik tentunya akan memberikan data-data yang sebenarnya, sesuai dengan yang aslinya,” ungkapnya ketika ditanya kenapa data-datanya bisa bocor.

Hal pengambilan dan pemuatan data-data pribadi yang vulgar di sosial media sudah dilaporkan ke pihak berwajib, sekaligus dengan akun yang palsu.

“Saya tidak tahu menahu soal tambang itu, injak Manado bbeberapa kali, itupun saat ada acara touring klub otomotif, dan sudah saya lapor polisi soal data-data pribadi,” kata Yusak kepada Suaraumat.com yang mengonfimasi melalui sambungan telepon, Senin (4/6).

Menurut Yusak, perbuatan oknum-oknum yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu sudah mencoreng nama baiknya dan ada upaya pembunuhan karakter. 

“Saya sama sekali tidak berurusan dengan hal-hal yang berkaitan hukum di wilayah Polda Sulut, aktivitas saya di Jakarta,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yusak menjelaskan soal kunjungan ke Manado dalam rangka kegiatan-kegiatan otomotif, bukan kunjungan pribadi sebagaimana yang ditulis di sosmed.  

“Tau aja nggak gimana mau urus soal tambang, ilegal pula. Kalau emang benar saya bermain, foto-fotonya ditunjukin dong di tulisan itu, jangan hanya foto-foto saya dengan kolega saya, itu nggak benar semua yang ditulis,” tegas Yusak.

Perihal tindakan hukum atas akun dan oknum yang sudah diduga memfitnah dirinya, Yusak dan tim pengacaranya sudah melaporkan akun tersebut ke Polda Sulawesi Utara.

“Ya sudah saya laporkan akun itu, ternyata ada dua ribu akun-akun palsu yang memuat informasi sesuka mereka,” kata Yusak.

Akun yang dilaporkan Yusak juga sudah dilaporkan sebelumnya oleh orang lain perihal informasi yang tidak berimbang, bersifat memfitnah dan ada unsur balas dendam karena satu dan lain hal.

“Memang dunia internet hadir memudahkan kita untuk berinteraksi tetapi di sisi lain, orang bisa memakainya untuk membalaskan dendamnya kepada seseorang atau institusi yang menghukumnya atau memecatnya,” kata dia.

Yusak juga akan meneruskan kasus akun palsu dan pemuatan informasi palsu ini ke Kemenkominfo untuk ditindaklanjuti sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya sudah buat janji dengan orang Kemenkominfo untuk ditindaklanjuti, di-banned atau diblokir,” pungkasnya.
Berikut isi narasi tersebut! 

Terkait pemberitaan mafia kasu tambang ilegal di Bolmong raya, Yusak Somba: Hal itu tidak benar itu hoax
Yusak Somba hobi otomotif motor gede alias moge. [Dok. Istimewa]


Sumber asli: Lambe Turah Kawanua

bahaya …..

oknum bernama Yusak somba bawa nama stafsus Jokowi jalankan tambang ilegal di Bolmong selatan. 
akhir akhir ini Bolmong raya sedang riuh dengan kehadiran group tambang ilegal dari Jakarta, alih alih mereka mengurus ijin, mereka justru membawa nama presiden Jokowi untuk menjalankan aktifitas tambang ilegal di Bolmong selatan. tukas salah seorang warga di Kotamobagu. 

Yusak itu mengaku bahwa dia kepercayaannya Jokowi dan dia diutus ke Bolmong bersama mas Yono mba Rina untuk melakukan penambangan emas tanpa ijin. dan menurutnya dia sudah soan ke Kapolda Sulut Mulyatno dan menurutnya juga dia dekat dengan petinggi kejaksaan agung republik Indonesia jadi tidak ada yang berani menyentuhnya. 

Yusak juga pernah mendatangi salah satu Kapolres dengan tujuan mengintervensi kasus pidana yang di tangani polres setempat, dan dia menakut nakuti Kapolres bahwa dia dekat dengan petinggi polri. untuk meyakinkan Kapolres Yusak menunjukan sejumlah foto bersama pejabat polri di hanpondnya.  ” kalau tidak salah hanponya itu iPhone 11 promax . tukas orang dalam yang menyaksikan pertemuan itu. 

Hal ini harus di antisipasi jangan biarkan para mafia kakarlak ini beroperasi di wilayah hukum Polda Sulut karna akan membawa dampak buruk terhadap penegakan hukum di negeri ini. 

modusnya adalah ia kerab menawarkan jabatan kepada para polisi dengan alasan bahwa dia dekat dengan pimpinan polri. orang ini mafia kasus yang harus di waspadai. 

prilaku Yusak somba yang membawa nama presiden Jokowi untuk kepentingan pribadinya harus kita lawan dan orang ini harusnya di tangkap polisi bukan malah di hormati. ingat perintah Jokowi bahwa aparat penegak hukum jangan menggadaikan wibawa dan harga diri kepada para pelaku kejahatan dan para mafia seperti Yusak somba ini.
(sum/kn)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content