March 5, 2024

5 Amalan Sunnah Sebelum Iduladha yang Bisa Dilakukan, Inilah Keutamaannya
Ilustrasi berdoa. [Foto: ©Shutterstock]

Penulis: Kun

SUARAUMAT.com – Allah SWT dengan segala keagungan sangat mencintai hamba-Nya. Salah satu keagungan-Nya adalah dengan memberikan nikmat kepada hamba-Nya berupa kesehatan, rezeki dan waktu. 

Bulan Dzulhijjah yang di dalamnya berlangsung hari raya Iduladha memiliki keutamaan sendiri, dimana ibadah yang dilakukan pada bulan tersebut memiliki pahala yang berlipat ganda.

Hari Raya Iduladha tinggal beberapa hari lagi. Setiap Muslim yang mampu, diingatkan untuk menyembelih hewan kurban sesuai dengan rukun Islam. Tidak hanya kurban saja, karena masih banyak ibadah sunnah lainnya sebelum Iduladha yang bisa Anda lakukan.

Berikut 5 amalan sunnah sebelum Iduladha yang telah dirangkum Suaraumat.com melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya pada Kamis, (07/07/2022).

1. Perbanyak amal shalih

Amalan sunnah sebelum Iduladha yang pertama dengan memperbanyak amalan shalih yang dapat berupa ibadah salat, sedekah, jihad, membaca Al-Qur’an, amar ma’ruf nahi munkar dan lain sebagainya.

Sebab amalan-amalan tersebut pada hari itu dilipatgandakan pahalanya. Bahkan amal ibadah yang tidak utama bila dilakukan pada hari itu akan menjadi lebih utama dan dicintai Allah daripada amal ibadah pada hari lainnya meskipun merupakan amal ibadah yang utama, bahkan sekalipun jihad yang merupakan amal ibadah yang amat utama, kecuali jihadnya orang yang tidak kembali dengan harta dan jiwanya.

2. Takbir dan zikir

Amalan sunnah sebelum Iduladha berikutnya adalah Takbir dan Zikir. Sebagaimana firman Allah Artinya, “…dan agar mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan…” (Al-Hajj : 28).

Para ahli tafsir menafsirkannya dengan sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Karena itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir pada hari-hari tersebut, berdasarkan hadits dari Ibnu Umar, “Maka perbanyaklah pada harihari itu tahlil, takbir dan tahmid.” (HR. Ahmad)

3. Melaksanakan puasa sunnah

Amalan sunnah sebelum Iduladha lainnya adalah melaksanakan jenis amalan yang paling utama, dan yang dipilih Allah untuk diri-Nya. Disebutkan dalam hadits qudsi, artinya:

Allah, berfirman, “Puasa itu adalah untukKu, dan Aku lah yang akan membalasnya.

Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku.”

4. Melaksanakan ibadah Haji dan Umrah

Amalan sunnah sebelum Iduladha selanjutnya adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah. Amalan ini adalah yang paling utama, berdasarkan berbagai hadits shahih yang menunjukkan keutamaannya, antara lain sabda Nabi SAW yang memiliki arti berikut ini:

“Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga.”

5. Bartaubat

Salah satu amalan sunnah sebelum Iduladha yang ditekankan adalah bertaubat dari berbagai dosa dan maksiat serta meninggalkan tindak zholim terhadap sesama.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“. (QS. An-Nahl [16]; ayat : 119)

(sum/kn)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content