Kang Emil: Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week
Ridwan Kamil jajal ‘runway’ di Citayam Fashion Week. (Biro Adpim Jabar)

SUARAUMAT.com Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan nasihat pada pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven yang baru-baru ini mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham).

Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) atas nama perusahaan miliknya, PT Tiger Wong Entertainment.

Melalui Instagram pribadinya, Ridwan Kamil menyarankan agar Baim Wong tidak melihat fenomena Citayam Fashion Week dari sisi komersil.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial,” ujar Ridwan Kamil dikutip dari Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022).

Menurut Kang Emil, fenomena Citayam Fashion Week yang tengah viral itu adalah suatu gerakan masyarakat yang sifatnya natural.

Ridwan Kamil juga mengatakan dampak yang bakal terjadi jika Citayam Fashion Week diformalkan. Suami Atalia Praratya itu menyebut tujuan dan maksud semula fenomena itu bakal hilang, bahkan gerakannya akan mati.

“Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” sambungnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Jawa Barat ini juga mengatakan agar gerakan Citayam Fashion Week tetap berada di jalanan, bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional.

“Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture. Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi,” lanjutnya.

Ridwan Kamil menyarankan agar fenomena Citayam Fashion Show tetap berjalan seperti apa adanya tanpa ada campur tangan pihak lain.

“Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur,” ujar Ridwan Kamil.

“Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda,” sambung Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil bahkan menyarankan agar Baim Wong menghentikan langkahnya dan mencabut pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week ke Kemenhunkam.

“Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, PT Tiger Wong Entertainment yang merupakan perusahaan Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan Jid2022052181. Statusnya kini ‘Dalam Proses.’

Selain PT Tiger Wong Entertainment, Citayam Fashion Week juga didaftarkan pihak lain atas nama Indigo Aditya Nugroho. Statusnya juga masih sama dengan Baim Wong.

Keduanya sama-sama menargetkan CFW terdaftar sebagai HAKI dengan kode kelas 41. 41 merupakan kode jenis barang atau jasa bagi pemilihan kontes (hiburan) expo mengenai kesenian, kebudayaan, dan pendidikan, fashion show, hiburan dalam sifar peragaan busana, dan lain sebagainya.

Namun, aksi Baim dan Paula tersebut menuai hujatan dari netizen. Banyak yang menuding pasangan suami istri itu berniat mencuri ide anak-anak remaja untuk keuntungan mereka sendiri.

(red/suara.com)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content