March 5, 2024

Roblox Hampir Diblokir, Akhirnya Daftar PSE Kominfo
Platform game online Roblox. [Foto: Dok. Roblox]

Penulis: Konradus Pedhu


JAKARTA, SUARAUMAT.com Terancam akan diblokir, Roblox akhirnya mendaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hal ini terlihat pada laman pse.kominfo.go.id di daftar PSE Asing.

Sebelumnya, Roblox diumumkan sebagai salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang belum mendaftar hingga batas waktu 20 Juli. Jika Roblox tidak mendaftar sebelum 27 Juli 2022, platform akan diblokir.

Pantauan Suaraumat.com, platform game online tersebut mendaftar dengan nama sistem Roblox Corporation dan nama perusahaan yang sama. Situs web yang terdaftar di PSE Kominfo adalah roblox.com untuk sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Tanggal publikasinya tercatat pada 23 Juli 2022 atau 4 hari sebelum ancaman pemblokiran dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dengan pencantuman nama Roblox maka daftar PSE Asing yang terdaftar adalah sebanyak 216 PSE. Sebelumnya ada nama Instagram, Facebook, WhatsApp, Netflix, dan Spotify.

Sedangkan jumlah PSE asli Indonesia yang sudah mendaftar sebanyak 8.435 PSE. Berdasarkan pemberitahuan di laman tersebut, data yang ditampilkan per tanggal 25 Juli 2022 pukul 17:39 WIB.

Selain Roblox, sejumlah PSE yang masuk dalam 100 trafik terbesar dan belum mendaftar telah dikirimi surat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ada nama-nama besar PSE yang diketahui belum terdaftar hingga 20 Juli 2022. Berikut beberapa platform yang berisiko diblokir:

1. Opera
2. LinkedIn
3. PayPal
4. Amazon.com
5. Alibaba.com
6. Yahoo
7. Bing
8. Steam
9. Dota
10. Epic Games
11. Battlenet
12. Origin.

Berdasarkan pantauan Suaraumat.com pada Selasa (26/7/2022), nama-nama di atas belum terlihat dalam daftar PSE di situs resminya.

(sum/kp)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content