Sukseskan Jember Fashion Carnaval 2022, KAI Daop 9 Jember Berikan Diskon Pembelian Tiket KA 10 Persen
Sukseskan Jember Fashion Carnaval 2022, KAI Daop 9 Jember Berikan Diskon Pembelian Tiket KA 10 Persen. [Dok. JFC]


JEMBER, SUARAUMAT.com
Pagelaran Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah salah satu pagelaran yang menarik jutaan pasang mata, di berbagai penjuru daerah di Indoneisa dan bahkan di penjuru dunia. JFC adalah merupakan sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

JFC 2022 kembali digelar yang tentunya tidak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya. 

Dan tahun ini,mengangkat tajuk The Second Decade of JFC. Pada JFC 2022 akan ada Pet Carnaval, Wonderful Artchipelago atau fashion art, Word Kids Carnival dan Grand Carnival of JFC.

Dalam rangka turut menyukseskan event JFC Tahun 2022 ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember, bagi masyarakat yang akan berangkat dari dan menuju Stasiun Jember akan dimanjakan dengan diskon pembelian tiket sebesar 10%.

Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember Broer Rizal mengatakan, “Pemberian diskon ini untuk menarik minat masyarakat yang berada di luar Kota Jember agar menggunakan angkutan kereta api dalam rangka turut serta hadir untuk menyukseskan event Jember Fashion Carnaval (JFC),” katanya.

Broer menjelaskan, diskon berlaku untuk KA-KA dengan klas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi Premium. Yaitu untuk KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon PP, KA Wijaya Kusuma relasi Jember-Cilacap PP/Jember – Ketapang PP, KA Mutiara Timur relasi Jember – Yogyakarta PP, Jember – Ketapang PP dan KA Logawa relasi Jember – Purwokerto PP.

Adapun syarat dan ketentuan untuk mendapatkan diskon tarif event Jember Fashion Carnaval Tahun 2022 sebagai berikut:

1. Tarif diskon berlaku untuk ka dengan keberangkatan dan tujuan stasiun Jember;

2. Tarif diskon tidak berlaku untuk ka luxury, pso, dan kereta wisata lainnya;

3. Pembelian dengan tarif diskon hanya dapat dilakukan pada aplikasi kai access tanggal 2 s.d. 7 Agustus 2022;

4. Tarif diskon berlaku untuk keberangkatan tanggal 3 s.d. 7 Agustus 2022;

5. Tarif diskon tidak berlaku reduksi (kecuali reduksi infant), tidak berlaku tarif khusus dan diskon lainnya;

6. Tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku.

Selain diskon tiket sebesar 10%, KAI Daop 9 Jember juga telah melakukan kerja sama dengan Java Lotus Hotel Jember.

Dalam sinerginya dengan PT KAI Daop 9 Jember, Java Lotus Hotel juga menawarkan added value bagi masyarakat pengguna moda transportasi kereta api yang menginap di Java lotus Hotel dengan diskon tarif kamar hotel sebesar 10%.

Berikut detail untuk menikmati benefit dan reward setiap penumpang kereta api antara lain:

Penumpang menunjukan Tiket/ Boarding Pass Kereta Api dengan disertai kartu identitas yang masih berlaku dan 1 (satu) tiket berlaku untuk 1 (satu) kamar hotel.

Penumpang mendapatkan manfaat diskon 10% dari harga dinamik website javalotushotel.com semua tipe kamar di Java Lotus Hotel Jember.

Penumpang mendapatkan manfaat diskon 10% setiap pembelian makanan dan minuman di Java Lotus Hotel Jember.

Tiket/boarding pass yang telah terpakai tidak dapat dipergunakan kembali dengan diberikan cap hotel pada bagian belakang tiket.

Diskon hanya berlaku maksimal 14 (empat belas) hari terhitung sejak hari dan tanggal keberangkatan yang tercantum pada tiket kereta api. 

Perjanjian ini berlaku sejak tanggal 7 Juli 2022 sampai dengan tanggal 6 Juli 2023.

“Jika Anda bepergian bisnis atau berwisata ke Jember menggunakan moda kereta api, Anda dapat menginap di Java Lotus Hotel dengan diskon 10%,” lanjut Broer.

Persyaratan naik kereta api, masih berpedoman pada SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal mulai 17 Juli:

Syarat Naik KA Jarak Jauh

a) Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

b) Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam

c) Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam

d) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam

e) Pelanggan dengan usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Jika vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.

f) Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Syarat Naik KA Lokal dan Aglomerasi

a) Vaksin minimal dosis pertama

b) Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

d) Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

“Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” tegas Broer.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

Pelanggan tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun. Masker yang digunakan merupakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu.

Pelanggan harus mengganti masker secara berkala setiap 4 jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan. 

Penumpang diimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan. Untuk dapat naik kereta api, suhu badan pelanggan harus tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Selain itu, KAI juga masih menyediakan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp35.000 di berbagai stasiun untuk membantu calon penumpang yang akan melengkapi persyaratan. Dan juga layanan vaksin gratis di Klinik Mediska Stasiun Ketapang dan Klinik Mediska Stasiun Jember.

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19 serta layanan Antigen dan Vaksinasi di Stasiun, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk tetap menjadikan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan,” pungkasnya.

(sum)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content