March 5, 2024

Catat! Lokasi SIM Keliling di DKI, Bekasi, Bogor dan Bandung Hari Ini
Pelayanan SIM Keliling. (Dok. Net/ Istimewa/Ilustrasi)

SUARAUMAT.com – Bagi warga pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) harus mengecek masa berlakunya, karena dokumen satu ini menjadi yang terpenting salah satunya. Dan SIM tersebut harus selalu dibawa ketika sedang mengoperasikan kendaraan di jalan raya. Kenapa harus begitu, ya karena semuanya bertujuan untuk kelancaran di perjalanan.


Dokumen SIM sendiri memiliki masa berlaku, dan bila akan habis dapat diperpanjang di salah satu mobil SIM Keliling yang disediakan oleh Polda Metro Jaya.

Hari ini Jumat (5/8/2022) mobil SIM Keliling pertama berada di Kampus Trilogi Kalibata bagi warga Jakarta Selatan. Diinformasikan jadwal pelayanan SIM keliling dari Korlantas Polri dimulai sejak Senin 1 Agustus 2022. 

Sedangkan, warga Jakarta Pusat, pelayanan SIM Keliling hari ini dapat ditemukan di Kantor Pos Lapangan Banteng.

Kemudian, di Citraland Mall dan LTC Glodok bagi warga Jakarta Barat yang ingin melakukan perpanjangan SIM. Berlanjut, warga Jakarta Timur yang ingin memperpanjang masa berlaku kartu identitas tersebut, jadwal SIM keliling hari ini terletak di Grand Mall Cakung.

Waktu operasional SIM Keliling Ibu Kota mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB.

Terpisah, untuk warga Bandung yang butuh memperpanjang masa berlaku SIM mereka bisa datang ke mobil SIM Keliling yang berada BTC Fashion Mall dan Pasar Modern Batununggal, yang gerainya dibuka mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Selanjutnya, masyarakat Bekasi, mobil SIM keliling disediakan di Carrefour Harapan Indah. Ingat, waktu operasionalnya sangat singkat yaitu dari pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB.

Dan untuk lokasi SIM Keliling bagi warga Kabupaten Bogor di Mall Cileungsi sedangkan Kota Bogor di Lippo Plaza Kebon Raya. Waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Untuk diketahui, layanan SIM Keliling hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C, yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis.

Adapun syarat perpanjangan SIM A atau C yakni Foto Kopi KTP yang masih berlaku, foto kopi SIM lama dan SIM asli, serta bukti cek kesehatan.

Dan, biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yaitu Rp80 ribu untuk perpanjangan SIM A dan Rp75 ribu untuk perpanjangan SIM C. Demikian informasi jadwal SIM Keliling, semoga bermanfaat. 

(Sumber: Korlantas Polri)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content