February 29, 2024

Serba Pertama di Liga Inggris Musim 2022-23, Diborong Pemain-pemain Arsenal
Momen saat Gabriel Martinelli mencetak gol pertama Arsenal ke gawang Crystal Palace / instagram.com [@premierleague/Hadi Santoso]

SUARAUMAT.com Kompetisi sepak bola yang diklaim terbaik di Eropa, Liga Inggris, resmi dimulai pada akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (6/8) dini hari tadi.

Kick off English Premier League (EPL) musim 2022-23 dimulai di Stadion Selhurst Park saat tuan rumah Crystal Palace menjamu Arsenal, pada Jumat (5/8) malam waktu setempat atau Sabtu (6/8) dini hari WIB.

Pertandingan pertama tersebut menghadirkan kejadian serba pertama yang terjadi di Liga Inggris 2022-23. Apa saja?

Gol pertama

Penyerang sayap Arsenal asal Brasil, Gabriel Martinelli menjadi pencetak gol pertama Liga Inggris musim 2022-23.

Martinelli yang baru berusia 21 tahun, mencetak gol pertama kemenangan Arsenal 2-0 atas Crystal Palace di menit ke-20.

Lewat skema serangan udara, Martinelli menyundul bola meneruskan assist dari pemain anyar Arsenal asal Ukraina, Oleksandr Zinchenko yang juga mengumpan lewat sundulan.

Selain gol, kartu kuning pertama di Liga Inggris musim 2022-23 juga disabet oleh pemain Arsenal. Gelandang Arsenal, Granit Xhaka dihadiahi kartu kuning pertama di menit ke-44.

Diplot Pelatih Mikel Arteta sebagai gelandang ‘tukang angkut air’ yang identik dengan pekerjaan keras, Xhaka memang rawan terkena kartu kuning. Dan itu langsung dia dapatkan di pertandingan pertama.

Total ada tiga kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit Anthony Tayolor di laga Crystal Palace vs Arsenal ini.

Selain Granit Xhaka, ada Ben White (Arsenal) yang mendapatkan kartu kuning di menit ke-60. Kemudian, full back Crystal Palace, Nathaniel Clyne diganjar kartu kuning di meni ke-64.

Gol bunuh diri pertama

Pertandingan pertama di Liga Inggris 2022-23 langsung diwarnai dengan insiden gol bunuh diri. Pelakunya adalah bek Crystal Palace kelahiran Pantai Gading, Addji Marc Guehi.

Di menit ke-85, Arsenal menyerang. Tendangan keras Bukayo Saka coba diblok oleh Marc Guehi. Namun, sundulan pemain berusia 22 tahun justru membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Gol itu membuat Arsenal unggul dua gol dan membuat pertandingan serasa game over alias berakhir lebih cepat bagi Crystal Palace.

Kemenangan pertama dan kekalahan pertama

Arsenal menjadi tim pertama yang meraih kemenangan di Liga Inggris 2022-23. Sementara Crystal Palace bakal dikenang sebagai tim pertama yang mengalami kekalahan di EPL musim ini.

Kemenangan 2-0 atas Crystal Palace dini hari tadi juga membuat Arsenal langsung memimpin klasemen. Meski, posisi Arsenal di puncak klasemen mungkin hanya bertahan kurang dari 1×24 jam.

Sebab, Sabtu (6/) malam nanti, Liga Inggris akan memainkan enam pertandingan. Bila ada tim yang mampu menang tiga gol, maka posisi Arsenal akan melorot.

Man of the match pertama

Bek Arsenal asal Prancis yang baru melakoni debut di Liga Inggris, William Saliba, terpilih sebagai man of the match di pertandingan melawan Crystal Palace.

Dimainkan sebagai starter, bek berusia 21 tahun yang baru direkrut dari klub Prancis, Olympique Marseille ini tampil lugas bersama tandemnya, Gabriel Magalhaes.

Data statistik menunjukkan, Saliba yang memiliki postru 192 cm, selalu menang dalam duel udara (100 persen), punya 94 akurasi umpan, 7 kali melakukan recover, dan 6 kali melakukan clearence alias sapuan di pertahanan. 

Sumber: Soccerway, instagram arsenal/papanskor.com

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content