February 25, 2024

Jelang Peringatan Detik-Detik Proklamasi Indonesia Para Tamu Undangan Dan Warga Mulai Berdatangan dan Memasuki Istana Merdeka Jakarta. [Foto: Internet]
Jelang Peringatan Detik-Detik Proklamasi Indonesia Para Tamu Undangan Dan Warga Mulai Berdatangan dan Memasuki Istana Merdeka Jakarta. [Foto: Internet]

SUARAUMAT.com – Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah tamu undangan terlihat memasuki Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022, untuk menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi. Mereka mengenakan berbagai jenis pakaian, mulai dari kebaya, batik, bahkan pakaian adat.

Salah satu tamu undangan bernama Lidya dan beberapa teman dari Palembang mengaku antusias mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi secara langsung di Istana Merdeka Jakarta.

Lidya mengatakan untuk dapat mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi, ia mendaftarkan diri melalui website pandang.istanapresiden.go.id pada 2 Agustus 2022.

Sebelumnya, kesempatan masyarakat untuk mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Senin (1/8/2022).

Dia mengatakan Istana Kepresidenan akan mengumumkan pegelaran secara terbuka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia dengan mengundang masyarakat pada 17 Agustus 2022 ke Kompleks Istana Kepresidenan.

Menurut dia, Istana Merdeka akan mengundang sekitar 2.000-3.000 orang untuk berpartisipasi langsung dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas, masih terbatas, kurang lebih 1.000-2.000 orang, kurang lebih 2.000 pada pada pagi hari (Upacara Penaikan Bendera Merah Putih) dan 2.000-3.000 pada sore hari (upacara penurunan Bendera Merah Putih),” jelas dia.

Selain itu, lanjut Heru, diundang pula jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, para ketua lembaga negara, dan sejumlah perwira tinggi di TNI dan Polri.

Menurut dia, masyarakat bisa mendapat undangan untuk menghadiri langsung peringatan HUT RI di Istana dengan cara melakukan pendaftaran. Sistem yang digunakan adalah memprioritaskan pendaftar tercepat.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjelaskan, masyarakat dapat mendaftar melalui situs pandang.istanapresiden.go.id.

Pada peringatan HUT Ke-77 RI ini, tema yang diangkat adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”***

Sumber: Antara

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content