HUT Kabupaten Bekasi Ke-72 Sekaligus HUT RI Ke-77, Pemkab Gelar Ibing Pencug 1000 Jawara
HUT Kabupaten Bekasi Ke-72 Sekaligus HUT RI Ke-77, Pemkab Gelar Ibing Pencug 1000 Jawara. /Dok. Istimewa

SUARAUMAT.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelar Ibing Pencug 1000 Jawara yang diikuti sekitar 70 padepokan pencak silat dari berbagai wilayah di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.  

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka meramaikan hari jadi Kabupaten Bekasi Ke-72 dan HUT RI ke-77 yang berlangsung di Plaza Pemda, Cikarang Pusat, pada Jumat (19/8/22) sore. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mewakili Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam sambutannya menyampaikan, pencak silat merupakan kebudayaan asli Indonesia yang harus dilestarikan dan diperjuangkan keberadaannya. 

“Pencak silat harus dikembangkan sebagai aspek seni dalam gerak yang serasi serta menarik, dilandasi dengan rasa cinta kepada budaya bangsa,” katanya. 

Dedy Supriyadi mengatakan, konsep dari pencak silat sendiri selaras dengan semangat “Kabupaten Bekasi Makin Berani.”

“Untuk meningkatkan keberanian kita dan melawan rasa takut, sehingga mental kita dilatih terus menerus, tahap demi tahap, hingga akhirnya, mengeluarkan kemampuan kita untuk dapat berkontribusi positif sepenuhnya, baik dalam bersikap sehari-hari maupun berperilaku di masyarakat,” ujarnya. 

Selain itu, Sekda menyebutkan, atlet Pencak Silat dari Kabupaten Bekasi juga telah berhasil mencapai prestasi dengan meraih medali emas dan perak dalam ajang kejuaraan pencak silat Southeast Asia Championship 2022 di Singapura serta prestasi di tingkat Nasional. 

“Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, karena sudah mengharumkan nama Kabupaten Bekasi serta Indonesia di kancah internasional,” terangnya. 

Karena itu, Dedy berharap kepada generasi muda Kabupaten Bekasi untuk terus melestarikan seni bela diri pencak silat sebagai warisan budaya nasional. 

“Saya berpesan untuk semua warga Kabupaten Bekasi untuk terus menjaga dan melestarikan budaya kita, jangan hanya mempelajari yang modern, tetapi seni dan budaya warisan nenek moyang kita juga harus dijaga dan dilestarikan,” ucapnya. 

Acara Ibing Pencug 1000 Jawara di Plaza Pemda, dilanjutkan pada malam harinya dengan Pagelaran Wayang Golek bersama Ki Dalang Wawan Dede Amung Sunarya, sebagai penutup rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT RI ke-77 tahun 2022.*** (sum)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content