Iriana Joko Widodo dan OASE KIM Tinjau Pameran Dekranasda Provinsi NTT di Labuan Bajo. [Foto: BPMI Setpres]
Iriana Joko Widodo dan OASE KIM Tinjau Pameran Dekranasda Provinsi NTT di Labuan Bajo. [Foto: BPMI Setpres]

SUARAUMAT.com – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) meninjau pameran produk kerajinan lokal yang dikelola oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu, 28 September 2022.

Dalam pameran yang digelar di balai riung (ballroom) Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo tersebut, Iriana sempat berinteraksi dengan para perajin lokal NTT.

Salah satunya adalah Margaret, perajin kain tenun dari Kabupaten Sumba Barat Daya yang mengaku senang karena Iriana sempat mengunjungi stan dan berinteraksi dengannya. 

Selain itu, Iriana juga tertarik dengan salah satu kain bergambar kuda yang merupakan produk UMKM miliknya.

“Ini (kainnya) untuk apa?” tanya Iriana.

“Kalau di Kabupaten Sumba Barat Daya biasa untuk sarung karena adatnya pakai sarung dijahit tapi kalau tidak pakai sarung bisa juga untuk baju, atau dress atau apa saja, atau blazer,” jawab Margaret.

Selain itu, Iriana juga sempat berinteraksi dengan Elsoni, pemilik stan yang memamerkan kopi khas Flores serta makanan ringan seperti sambal, keripik pisang, dan Siki Seko yang menjadi makanan khas Kabupaten Manggarai Barat.

“Jadi tadi ditanya kira-kira persoalan UMKM lalu pokoknya banyak tadi ngobrol. Karena tadi kita tidak siapkan tester, tapi yang jelas (Ibu Iriana) senang bisa belanja, bisa melihat langsung produk UMKM,” ucap Elsoni.

Selanjutnya, Iriana mengunjungi stan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang merupakan kolaborasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Dekranas. 

Franka Makarim, Ketua Bidang 1 OASE, mengatakan bahwa Iriana sangat mendukung program tersebut.

“Kami sangat beruntung hari ini Ibu Negara dapat melihat juga hasil kerja dan kolaborasi selama 3 tahun terakhir ini. Ibu (Iriana) sangat mendukung agar program ini dapat berlanjut lebih panjang, lebih banyak lagi anak-anak yang bisa dibantu,” tuturnya. ***

(BPMI Setpres/sum)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content