February 26, 2024

Sinergitas TNI- POLRI Tanam Pohon Bareng Serentak di Seluruh Indonesia dan Kegiatan Bakti Sosial
Sinergitas TNI- POLRI Tanam Pohon Bareng Serentak di Seluruh Indonesia dan Kegiatan Bakti Sosial. /Foto: Dok. Humas Polda Jabar


SUARAUMAT.com –
Sinergitas TNI- POLRI, Wakapolda Jawa Barat atau Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi turut menghadiri penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Adapun pohon yang ditanam sebanyak 21.000 pohon dan diikuti dengan penyerahan bakti sosial bertempat di Kolat Daerah Latihan Divif 1 Kostrad Ciwidey Bandung, Rabu (12/10/22).

Kegiatan ini merupakan program penghijauan dari Pangkostrad guna menghadapi cuaca ekstrem dan pemanasan global.

Dalam kesempatan ini ada dua jenis pohon yang ditanam yakni pohon keras dan pohon buah. 

Kedua pohon ini diharapkan bisa memberikan dampak positif kepada lingkungan dan masyarakat.

Dalam acara tersebut Wakapolda Jabar secara simbolis menanam pohon bersama-sama dengan Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Pangdam III Siliwangi Mayjen Kunto Arief dan Ibu Ketua Persit Kostrad beserta rombongan.

Selain melaksanakan penghijauan, dalam kegiatan bertajuk Kostrad Jawara ini dilakukan juga kegiatan bakti sosial (baksos) kepada masyarakat dalam rangka pengentasan stunting bagi warga sekitar.

Wakapolda Jabar menyampaikan Polda Jabar beserta jajarannya sangat mendukung kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan jajaran TNI sebagai bentuk kepedulian TNI-POLRI dan masyarakat akan lingkungan hidup dalam menjaga ekosistem alam agar tetap seimbang.

“Agar kita senantiasa menjaga kelestarian alam yang kita tempati ini. Mari kita bersama-sama mengajak masyarakat lainnya, yang belum sadar akan hal ini untuk senantiasa menjaga kelestarian alam. Seperti melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon,” pungkasnya.

“Selain berdampak pada lingkungan dan alam, pohon-pohon ini juga nantinya memiliki nilai ekonomis dan kesehatan,” ucap Brigjen Pol Bariza Sulfi.

Jadi bukan hanya untuk masa sekarang, tetapi akan lebih dirasakan manfaatnya bagi generasi di masa akan datang yang salah satunya untuk perbaikan kualitas lingkungan hidup.

Sinergitas TNI- POLRI Tanam Pohon Bareng Serentak di Seluruh Indonesia dan Kegiatan Bakti Sosial
Sinergitas TNI- POLRI Tanam Pohon Bareng Serentak di Seluruh Indonesia dan Kegiatan Bakti Sosial./ Foto: Dok. Humas Polda Jabar.


Dalam sambutannya, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak mengucapkan terima kasih banyak kepada semua unsur TNI, Polri, Pemda dan stakeholder terkait, terutama Perhutani yang memberikan lahan latihan untuk TNI AD di seluruh Indonesia.

Kostrad akan terus berkomitmen untuk membantu negeri ini supaya tetap aman kondusif. 

Selain itu kehadiran TNI bisa bermanfaat untuk masyarakat. 

Seperti penanaman pohon yang setiap tahun dilakukan sebagai bentuk antisipasi pemanasan global dan siap membantu warga masyarakat yang terkena bencana alam.

Turut hadir dalam kegiatan ini para pejabat utama Kostrad, Dandim jajaran Kodam III Siliwangi, Wakil Bupati Bandung, Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Kabag Ops Polresta Bandung, Kapolsek Ciwidey Polresta Bandung, Forkopimda Kabupaten Bandung serta perwakilan Perhutani Kabupaten Bandung. *** 

(Sum/red)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content