March 3, 2024

UNLA Bandung Beri Literasi Keuangan Kepada Para Guru Sekolah Dasar Negeri Kiaracondong Kota Bandung
UNLA Bandung Beri Literasi Keuangan Kepada Para Guru Sekolah Dasar Negeri Kiaracondong Kota Bandung. [Foto: SuaraUmat.com/Istimewa]

SUARAUMAT.com Sebagai bentuk nyata pengabdian kepada masyarakat, Universitas Langlangbuana atau UNLA Bandung menggelar acara literasi keuangan.

Kali ini yang mendapat kesempatan untuk menimba ilmu keuangan adalah para guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kiaracondong 038 Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/10/2022).

Acara yang mengusung tema Edukasi Perencanaan Keuangan dan Pemahaman Bahasa Keuangan dipersembahkan khusus untuk  para guru di SDN 038 Kiaracondong Bandung ini dipimpin langsung oleh Tim Pengabdi Masyarakat UNLA.

Adapun Tim Pengabdi Kepada Masyarakat dari Universitas Langlangbuana dipimpin oleh Prof. Dr. Davidescu Cristiana, M.A. yang beranggotakan Dr. Wa Ode Nurul Yani, Dra., M.Si. dan Dr. Diana Andriani, S.T., M.M., M.T.

Tim tersebut telah melaksanakan sosialisasi tentang Edukasi Perencanaan dan Pemahaman Bahasa Keuangan kepada Guru-Guru di Sekolah Dasar Negeri 038 Kiaracondong Kota Bandung yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Cucu Kusmiati, S.Pd., M.Si.

Analisis situasi keuangan para guru selalu merasa kurang gaji bulanan, lebih besar pengeluaran daripada pendapatan, oleh karena itu perlu pemahaman dalam mengelola dan mengatur keuangan dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan pokok, bisa menabung, dan juga bisa melaksanakan hobi dalam batas tertentu.

Pengelolaan keuangan yang baik dapat dilakukan semua orang, sehingga dapat terhindar dari kesulitan finansial, maka para guru memerlukan edukasi perencanaan keuangan dan pemahaman bahasa keuangan.

Begitupun dengan para guru harus mampu mengikuti perkembangan teknologi tentang digitalisasi keuangan dan bahasa keuangan akan yang bermanfaat dalam mengelola keuangan keluarga.

Sosialisasi edukasi perencanaan dan pemahaman bahasa keuangan ini dilaksanakan secara tatap muka di lingkungan sekolah selama enam bulan.

Peserta sosialisasi adalah Guru-Guru di Sekolah Dasar Negeri 038 Kiaracondong Kota Bandung.

Kontribusi sosialisasi ini adalah pengelolaan keuangan para guru yang terencana, pengeluaran tidak melebihi pendapatan dan mampu menabung.

Mengelola keuangan merupakan hal yang penting untuk diketahui sejak dini agar saat memasuki usia pensiun nanti, para guru tidak mengalami kesulitan finansial dan tetap dapat melanjutkan kehidupannya dengan sejahtera. 

Demikian benang merah dari acara sosialisasi literasi keuangan yang diinisiasi UNLA Bandung sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. ***

(sum/red)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content