March 3, 2024

Cristiano Ronaldo Nggak Ada Obatnya! Ukir dan Pecahkan Rekor Dunia Usai Portugal Kalahkan Liechtenstein 4-0
Timnas Portugal. [Twitter Timnas Portugal]


SUARAUMAT.com – 
Cristiano Ronaldo kembali membuat rekor dan memecahkan rekor pada laga Kualifikasi Grup J Euro 2024, melawan Liechtenstein, Jumat 24 Maret 2023 dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo langsung membuat kagum pelatih baru timnas Portugal, Roberto Martinez, karena dua golnya di laga tersebut.

Di luar penampilannya yang gemilang, Roberto Martinez juga terpesona dengan rekor dunia dan gol ke-120 yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Debut Roberto Martinez sebagai pelatih Portugal tak bisa lebih indah dari apa yang terjadi pada laga Portugal vs Liechtenstein di Estadio Jose Alvalade, Lisboa, Portugal.

Kesempatan pertama melatih Portugal, Roberto Martinez menyaksikan timnya menang telak, plus memecahkan rekor dunia lewat Megabintang Sepak Bola Dunia, Cristiano Ronaldo.

Kemenangan Portugal pada laga Grup J Kualifikasi Euro alias Euro 2024 itu dipastikan lewat gol-gol Joao Cancelo (8′), Bernardo Silva (47′), dan Cristiano Ronaldo (51′ penalti, 63′).

CR7, julukan Cristiano Ronaldo yang berusia 38 tahun, menunjukkan kelayakannya untuk tetap berada di skuat Portugal racikan Roberto Martinez lewat gol ganda.

Rekor dunia 197 penampilan di level timnas menambah malam sempurna Ronaldo.

CR7, julukan Cristiano Ronaldo, kini menjadi pesepak bola dengan penampilan terbanyak di level timnas, melampaui rekor pemain Kuwait Bader Al-Mutawa (196 pertandingan).

“Untuk berada di tim nasional, Anda harus berkomitmen. Ini adalah siklus baru.”

“Sangat penting bahwa pemain menunjukkan komitmen dan dia (Ronaldo) bisa menggunakan pengalamannya,” kata Roberto Martinez soal anak asuhnya.

Roberto Martinez yang mengisi pos yang ditinggalkan Fernando Santos usai Piala Dunia 2022 mencoba memulai era baru di timnas Portugal.

Full-back Portugal, Joao Cancelo, mengaku performa Martinez mulai terlihat pada laga melawan Liechtenstein.

Joao Cancelo berpendapat, pada era Martinez, tim Selecao das Quinas bermain dengan intensitas tinggi.

Menggunakan referensi laga melawan Liechtenstein, sejauh ini Ronaldo dirasa bisa mengikuti filosofi sepak bola yang diinginkan Martinez.

Roberto Martinez yang sebelumnya melatih Belgia di Piala Dunia 2022 menyoroti dua elemen krusial yang bisa dibawa Ronaldo ke dalam tim.

“Cristiano mempunyai itu, segudang pengalaman dan banyak komitmen untuk tim nasional,” tutur Roberto Martinez dikutip dari situs UEFA.

Ronaldo juga berjasa mempertahankan rekor sempurna Roberto Martinez di kualifikasi Euro.

Selama melatih sebuah tim di kualifikasi Piala Eropa, Martinez tidak pernah kehilangan satu poin pun.

Dalam 11 pertandingan, Martinez selalu melihat timnya memenangkan pertandingan.

Ulasan pertandingan Portugal vs Liechtenstein

Hasil laga kualifikasi Euro 2024 antara Portugal vs Liechtenstein pada Jumat 24 Maret 2023, diakhiri dengan kemenangan Cristiano Ronaldo cs dengan skor 4-0.

Laga Portugal vs Liechtenstein digelar di Stadion Jos Alvalade, Lisbon, Portugal.

Pertandingan Portugal vs Liechtenstein merupakan pertandingan 1 dari 10 pertandingan yang dijadwalkan untuk Portugal di Grup J kualifikasi Euro 2024.

Selecao das Quinas, julukan Portugal, menang telak 4-0 atas Liechtenstein.

Gol Portugal dicetak oleh Joao Cancelo di menit ke-8, Bernardo Silva di menit ke-47 dan Cristiano Ronaldo mencetak brace alias dua gol di menit ke-51 dan ke-63.

Satu dari dua gol Cristiano Ronaldo datang dari tendangan bebas.

CR7, julukan Cristiano Ronaldo, melancarkan tendangan roket ke arah tiang jauh (posisi tendangan bebas) yang tidak mampu diblok dengan baik oleh kiper Liechtenstein, Benjamin Buchel.

Dengan hasil ini, Portugal berada di puncak Grup J kualifikasi Euro 2024.

Unggul selisih gol dari Boznia dan Herzegovina yang berada di peringkat kedua klasemen Grup J.

Pada pertandingan ini, Portugal memiliki keunggulan statistik dibandingkan dengan tim lawan.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan melakukan tembakan sebanyak 35 kali dengan tembakan ke gawang sebanyak 11 kali.

Yang lebih mencolok adalah statistik penguasaan bola yang jauh proporsional, yakni 83 persen – 17 persen, menjadi keunggulan bagi Portugal.

Cristiano Ronaldo Nggak Ada Obatnya! Ukir dan Pecahkan Rekor Dunia Usai Portugal Kalahkan Liechtenstein 4-0
Cristiano Ronaldo dan aksi membobol gawang lawan serta selebrasinya yang mengundang decak kagum pelatih anyar Timnas Portugal Roberto Martinez. [Kolase Twitter Timnas Portugal]

Portugal memenangkan 12 tendangan sudut.

Dalam pertandingan tersebut, seluruh pemain kedua tim tidak mendapatkan satu kartu kuning dan kartu merah dari wasit.

Susunan pemain Portugal vs Liechtenstein:

Portugal (5-3-2): Rui Patricio; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Goncalo Inacio, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes, Joao Palhinha, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo, Joao Felix.

Cadangan: Antonio Silva, Rafael Leao, Otavio, Nuno Mendes, Diogo Jota, Diogo Dalot, Jose Sa, Ruben Neves, Goncalo Ramos, Vitinha, Celton Biai, Joao Mario.

Pelatih: Roberto Martinez

Liechtenstein (5-3-2): Benjamin Buchel; Sandro Wolfinger, Andreas Malin, Lars Traber, Jens Hofer, Livio Meier; Noah Frommelt, Sandro Wieser, Nicolas Hasler; Philipp Gassner, Aron Sele.

Cadangan: Martin Marxer, Seyhan Yildiz, Justin Ospelt, Marco Wolfinger, Jakob Lorenz, Ridvan Kardesoglu, Simon Luchinger, Andrin Netzer, Lorenzo Lo Russo, Fabio Wolfinger, Niklas Beck, Noah Frick.

Pelatih: R Pauritsch. ***

(Sumber: UEFA)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content