March 3, 2024

Lamborghini Revuelto supercar V12 Plug-in Hybrid (PHEV) Inovasi dan Gairah Sejarah Lamborghini dari Traktor hingga Supercar Legendaris
Lamborghini Revuelto Simbol Prestise dan Kecepatan dalam Sebuah Karya Seni. [dok. Lamborghini] 

SUARAUMAT.COM – Lamborghini Revuelto akhirnya diperkenalkan ke publik. Mobil ini disebut-sebut menjadi mobil berteknologi hybrid pertama yang digarap Lamborghini.

Nah, dengan hadirnya Revuelto, supercar tersebut telah menemani perjalanan Lamborghini selama 60 tahun di industri otomotif.

Apalagi mobil ini merupakan penerus dari Lamborghini Aventador yang sudah mengasplal selama 12 tahun.

Lamborghini Revuelto memang sangat menarik untuk dibahas. Tak terkecuali terkait penggunaan nama Revuelto. 

Ya, seperti nama mobil Lamborghini lainnya, nama Revuelto diberikan karena tidak lepas dari nama banteng.

Nah, menurut Road and Track, Revuelto konon diambil dari nama seekor banteng yang kerap membuat gaduh karena melompat ke tribun sebanyak delapan kali pada tahun 1880. 

Kegigihan banteng itu diwujudkan dalam Revuelto, sehingga mobil ini dinilai sangat tangguh. Desain masih sangar.

Lamborghini Revuelto memiliki panjang 4.947 mm, lebar 2.033 mm, dan tinggi 1.160 mm, serta memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) 2.779 mm. 

Mobil ini sudah menggunakan sasis monocoque berbahan karbon.

Jika mengamati bentuk dari Lamborghini Revuelto, maka desain atau bentuknya masih tetap mempertahankan aerodinamis supercar.

Belum lagi, kesan khas Lambo klasik tetap dipertahankan, seperti bentuk tajam dengan garis tegas di beberapa sisi.

Tak hanya itu, tampilan menarik juga terlihat dari beberapa lampu yang disematkan, mulai dari penggunaan LED DRL berbentuk Y, lengkap dengan headlamp proyektor hexagonal.

Fitur menarik lainnya juga terlihat di bagian belakang, dimana Lamborghini Revuelto memiliki pipa knalpot kembar yang dipasang di tengah, lalu lampu rem berbentuk Y yang dipasang tinggi di bagian atas jendela belakang. 

Untuk kabinnya tidak perlu diragukan lagi. Interior Lamborghini Revuelto telah dilapisi bahan kulit dan polyester daur ulang. Sehingga kesan pertama masuk ke kabin terasa mewah.

Belum lagi supercar hybird ini dibekali layar sentuh vertikal berukuran 8,4 inci, kemudian panel speedometer digital 12,3 inci, dan layar 9,1 inci di sisi penumpang. Sejumlah tombol pada mobil ini membuat tampilan interiornya sangat keren.

Sejumlah fitur keselamatan yang disematkan dalam Lamborghini Revuelto, antara lain Advanced Driver Assistance System (ADAS), sistem kamera, radar, sensor, Active Lane Departure Warning (ALDW), Lane Change Warning (LCW), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Karena konsumen yang membeli Lamborghini biasanya menyukai custom, maka mereka menawarkan 400 pilihan warna untuk bodi dan 70 pilihan warna untuk kabin.

Supercar Lamborghini Revuelto, pertama dengan mesin lebih dari 1.000 HP.

Soal jantung pacu Revuelto, dimana supercar ini memiliki performa mesin yang dilengkapi dengan teknologi hybrid.

Yang mana membuat Lamborghini Revuelto mampu menghasilkan tenaga hingga 1.015 hp. Usut punya usut, tenaga yang dimuntahkan itu berkat mesin V12 pertama Lamborghini yang dipadukan dengan tiga motor listrik.

Jika menggunakan bahan bakar bensin, mobil berkapasitas mesin 6,5 liter ini memiliki tenaga sebesar 825 hp pada 9.250 rpm dan torsi sebesar 725 Nm pada 6.750 rpm. 

Namun bila ditambahkan tiga motor listrik, dua di depan dan satu di belakang yang terhubung transmisi, lalu dengan baterai 3,8 kWh, tenaganya meningkat menjadi 190 hp.

Lamborghini Revuelto mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,5 detik, dan 0-200 km per jam dalam waktu 7 detik. Sedangkan top speednya disebut bisa mencapai 350 km per jam. *** [nw/sum]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content