February 23, 2024

Sebelum memulai perjalanan mudik lebaran tahun ini atau perjalanan jauh lainnya, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu bagian-bagian tertentu dari mobil agar aman dan nyaman.
Bagian-bagian dalam mobil ini yang harus Anda cek sebelum berangkat mudik lebaran tahun ini.

SUARAUMAT.COM – Sebelum memulai perjalanan mudik lebaran tahun ini atau perjalanan jauh lainnya, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu bagian-bagian tertentu dari mobil agar aman dan nyaman. 

Pertama, cairan di dalam mesin. Secara umum, pertama-tama periksa tutup dengan warna kontras dari pandangan mata.

Seperti air wiper, oli mesin, minyak rem hingga air radiator. Pastikan kondisi dan angkanya normal karena semua bagian tersebut memiliki perannya masing-masing. Kemudian ganti wiper jika tidak bagus.

Caranya mudah, tinggal buka penguncinya, geser dan tarik, pasang baru, kunci sampai berbunyi klik. Tidak ketinggalan kelengkapan peralatan darurat seperti tool kit, segitiga pengaman, P3K, alat pemadam kebakaran dan ban serep yang masih layak pakai.

Sebelum berangkat, pastikan kondisi ban dalam kondisi baik, tidak gundul dan tekanan anginnya pas. Untuk mengecek tekanan angin ideal, Anda bisa melihat di balik pintu pengemudi, tepatnya pilar B.

Tentunya saat melakukan perjalanan jauh, mobil harus dalam kondisi prima. Sebaiknya bawa ke bengkel untuk pemeriksaan dan servis menyeluruh.

Berikut adalah beberapa tips untuk pulang mudik lebaran tahun ini dengan mobil:

Lakukan perawatan kendaraan sebelum berangkat, seperti melakukan servis rutin, mengganti oli, pengecekan rem, kaki-kaki, ban, dan lain sebagainya.

Siapkan perlengkapan wajib seperti surat kendaraan, SIM, STNK, dan asuransi. Selain itu, bawalah tool kit lengkap dan ban serep.

Aturlah jadwal keberangkatan dengan baik, hindari keberangkatan pada jam sibuk atau saat cuaca buruk. Pastikan juga Anda tidak terlalu lelah sebelum berangkat agar kondisi fisik tetap prima.

Gunakan aplikasi peta atau navigasi untuk membantu Anda menemukan jalan yang benar dan menghindari kemacetan lalu lintas.

Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan ikuti rambu-rambu jalan. Hindari kecepatan yang berlebihan dan selalu waspada terhadap kondisi jalan dan pengguna jalan lainnya.

Beristirahatlah secara teratur selama perjalanan. Berhentilah di rest area dan jangan berkendara terlalu lama tanpa istirahat.

Persiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan, agar tidak terlalu sering mampir untuk membelinya.

Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak agar tidak membebani kendaraan dan memengaruhi kenyamanan perjalanan.

Pastikan untuk selalu memakai sabuk pengaman dan untuk anak-anak menggunakan kursi pengaman yang sesuai dengan usia dan berat badannya.

Terakhir, tetap sabar dan tenang selama perjalanan, mengingat mudik lebaran merupakan momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan menjaga keamanan dan keselamatan bersama. *** [nw/sum]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content