Senam Bola buat ibu hamil
TERUNGKAP Manfaat Luar Biasa Latihan Fisik dengan Gym Ball untuk Ibu Hamil. [Freepik]

SUARAUMAT.com – Terdapat beragam jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil, salah satunya adalah senam dengan menggunakan bola gym yang telah terbukti memberikan manfaat luar biasa dan aman bagi ibu dan calon bayinya.

Senam dengan bola gym atau gym ball dapat dilakukan mulai dari trimester ketiga kehamilan sebelum hingga setelah persalinan, karena olahraga ini telah terbukti aman dan memberikan manfaat yang beragam. 

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa saat melakukan bola gym, sebaiknya ibu hamil didampingi oleh seorang mentor atau suami.

Sebelum memulai senam bola gym, penting untuk mengetahui ukuran bola yang tepat dan manfaat olahraga ini untuk kesehatan selama masa kehamilan.

Jika tinggi badan kurang dari 150 cm, sebaiknya menggunakan bola gym dengan diameter 45 cm. Jika tinggi badan antara 150 cm hingga 165 cm, sebaiknya menggunakan bola gym dengan diameter 55 cm.

Jika tinggi badan antara 166 cm hingga 185 cm, sebaiknya menggunakan bola gym dengan diameter 65 cm. Jika tinggi badan lebih dari 185 cm, sebaiknya menggunakan bola gym dengan diameter 75 cm.

Dengan menggunakan bola gym yang sesuai dengan tinggi tubuh, ibu akan merasa lebih nyaman saat melakukan senam.

Manfaat luar biasa dari rutin melakukan senam dengan bola gym adalah meredakan nyeri punggung. Senam dengan bola gym secara bertahap membantu memperbaiki postur tubuh, yang sering menjadi keluhan utama ibu hamil karena harus menahan beban di perut.

Selain itu, senam ini juga menguatkan otot-otot di daerah panggul, meningkatkan aliran darah ke rahim, dan meningkatkan sirkulasi. 

Hal ini membuat ibu tidak merasa cemas saat persalinan dan proses persalinan menjadi lebih mudah dan cepat.

Jika Anda tertarik untuk melakukan senam dengan bola gym, Anda dapat mencari tempat senam khusus ibu hamil yang biasanya membebankan biaya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah per sesi.

Ikutilah petunjuk dari instruktur senam Anda dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba, bunda!***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content