March 3, 2024

IMM DKI Jakarta Apresiasi Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Jawa Timur, Ajak Gen Z Bumikan Narasi Cinta Tanah Air dan Ideologi Pancasila
IMM DKI Jakarta Apresiasi Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Jawa Timur, Ajak Gen Z Bumikan Narasi Cinta Tanah Air dan Ideologi Pancasila. [Foto: Dok. Pribadi]

SUARAUMAT.com – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DKI Jakarta, melalui Khoirul Abidin yang dikenal sebagai Cak Abid, menyatakan penghargaan dan apresiasi terhadap Densus 88 dalam menangkap terduga teroris di Jawa Timur.

Cak Abid mengajak generasi milenial untuk secara aktif terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan terorisme. 

Ia juga mengingatkan bahwa penanggulangan paham dan tindakan terorisme bukanlah tugas eksklusif Densus 88 Antiteror Polri, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat dan Negara.

Pernyataan tersebut dilontarkan Cak Abid sebagai respons terhadap serangkaian penangkapan terduga teroris yang dilakukan oleh Densus 88 Antiteror dalam operasi rahasia di wilayah Jawa Timur, mulai dari Malang hingga Surabaya.

Ketua IMM Bidang Hukum dan HAM itu pun menegaskan bukti propaganda teroris masih nyata di sekitar kita.

“Ini menjadi bukti kuat bahwa propaganda terorisme masih nyata di sekeliling kita. Kami apresiasi Densus 88 Antiteror Polri bekerja maksimal dalam upaya pencegahan aksi teror di Provinsi Jawa Timur,” kata  Cak Abid dalam keterangan persnya, pada Kamis 25 Mei 2023. 

Menurutnya, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DKI Jakarta secara tegas, menolak segala paham yang merongrong kewibawaan Pancasila dan NKRI. Bahwa yang namanya terorisme itu musuh kita bersama. Tidak boleh ada ruang sedikitpun di Indonesia.

“Kami juga mendukung proses hukum terhadap siapa pun yang terlibat jaringan terorisme, apalagi jika ada keinginan, berencana mengubah ideologi Pancasila,” tegasnya.

“Ini sangat membahayakan serta mencederai semangat Kebhinnekaan kita sebagai bangsa yang besar, majemuk dan berdaulat,” kata Cak Abid.

Untuk itu, Cak Abid mengajak seluruh generasi muda Muhammadiyah untuk tidak mudah terpengaruh ajakan atau provokasi yang tidak berdasar dari kelompok intoleran dan radikalisme.

“Lebih baik sebarkan konten-konten kreatif yang membumikan narasi dan nilai cinta Tanah Air, toleransi, kemanusiaan, pemahaman keagamaan yang moderat,” kata Cak Abid.

Selain itu, Cak Abid juga menambahkan, partisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan turut serta mengawasi lingkungan sekitar.

“Apabila ada hal-hal atau aktivitas yang mencurigakan sebaiknya langsung melapor ke pihak yang berwenang,” pungkas Cak Abid.***

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content