Lo Kheng Hong

Lo Kheng Hong. /Foto: Ist.

SUARAUMAT.com – Investor kawakan Lo Kheng Hong mengomentari terkait skandal mega korupsi yang melibatkan Harvey Moeis, suami dari aktris Sandra Dewi. Meskipun bukan berkaitan dengan PT Timah Tbk (TINS), Lo Kheng Hong buka suara soal rumor kepemilikan saham suami dari aktris Sandra Dewi itu di PT ABM Investama Tbk (ABMM).

“Tidak ada nama Harvey Moeis di daftar 20 besar pemegang saham ABMM,” ucapnya, dikutip pada Jumat, 5 April 2024.

Diketahui Lo Kheng Hong memiliki saham sebanyak 124,80 juta lembar di ABMM, yang setara dengan 4,53% dari total saham perusahaan tersebut pada 30 September 2023.

Salah satu tips investasi dari Lo Kheng Hong adalah memperhatikan reputasi perusahaan sebelum berinvestasi. Hal ini meliputi penilaian terhadap pemimpin perusahaan, anggota direksi, dan komisaris. Mengetahui apakah mereka memiliki reputasi baik atau tidak dianggap sebagai kunci kesuksesan dalam berinvestasi menurutnya.

“Jangan membeli perusahaan yang dikelola dengan tidak jujur dan tidak berintegritas” ungkapnya.

Keterlibatan dalam tindak korupsi dapat merusak reputasi perusahaan secara serius, menurunkan kepercayaan dari berbagai pihak seperti pemegang saham, pelanggan, pemerintah, dan masyarakat umum. Perusahaan juga bisa menghadapi konsekuensi hukum, termasuk denda dan sanksi.

Secara finansial, ABM Investama mencatatkan keberhasilan dengan mencatat laba bersih sebesar US$ 289 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun selama tahun 2023, naik 7% dari tahun sebelumnya yang sebesar US$ 269,90 juta pada tahun 2022. Peningkatan ini disebabkan oleh pendapatan dari kontrak dengan pelanggan yang meningkat menjadi US$ 1,49 miliar di 2023 dari sebelumnya US$ 1,44 miliar.

Dari segi performa saham, pada Senin 1 April 2024, saham ABMM mengalami kenaikan sebesar 0,79% menjadi Rp 3.840 per lembar. Dalam satu minggu, saham ABMM naik sebesar 2,39%.

Sebelumnya, manajemen ABMM telah memberikan klarifikasi terkait kabar kepemilikan saham Harvey Moeis di ABM Group. Manajemen menyatakan bahwa Harvey Moeis tidak terdaftar sebagai pemilik saham di PT ABM Investama Tbk (ABMM) ataupun ABM Group dalam keterangan resmi mereka.

Anak perusahaan ABMM, yaitu PT Cipta Kridatama (CK), pernah berkolaborasi dengan Harvey Moeis yang pada saat itu menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Multi Harapan Utama (MHU).***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content