Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah mengusulkan penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sebagai langkah untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran tahun 2024.

Menhub Budi Karya Sumadi. /Foto: Dok. Kemenhub

Jakarta, SUARAUMAT.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah mengusulkan penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sebagai langkah untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran tahun 2024.

“Kita lagi mengusulkan ke Pak Presiden untuk work from home di hari Selasa dan Rabu,” ujarnya di sela-sela acara Halal Bi Halal Idul Fitri 2024 di Kantor Kemenhub, Jakarta, pada Rabu 10 April 2024.

Budi mengatakan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu, 14 April 2024, dan Senin, 15 April 2024. Oleh karena itu, diharapkan penerapan WFH selama dua hari pada Selasa, 16 April 2024, dan Rabu, 17 April 2024, dapat mengurangi kemacetan di jalan.

“Arus balik itu terjadi pada Minggu dan Senin, karena Senin itu terakhir libur. Kita melihat bahwa waktunya ini sangat pendek dibanding (arus) mudik. Oleh karenanya kita ingin melakukan manajemen agar ini lebih rileks,” papar Budi Karya.

Namun demikian, dia menegaskan kebijakan WFH ini masih dalam bentuk usulan dan akan segera disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi juga berharap agar Jokowi akan menyetujui usulan tersebut.

“Ini baru didiskusikan, baru diusulkan, mudah-mudahan Presiden setuju. Kalau itu berhasil (disetujui), berarti mereka (pekerja) bisa bekerja secara online dari tempatnya masing-masing,” ucapnya.

Jumlah pemudik pada perayaan Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H tercatat sebanyak 193,6 juta orang. Angka tersebut setara dengan 71,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Perkiraan ini didasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bersama Badan Pusat Statistik dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content