Lebaran 2024 telah tiba, membawa suka cita dan momen istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 10 April 2024, berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag).

Seluruh Jajaran Manajemen dan Staf Suaraumat Grup mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. /Foto: freepik

SUARAUMAT.com – Lebaran 2024 telah tiba, membawa suka cita dan momen istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada Rabu tanggal 10 April 2024, berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag).

Suasana Lebaran yang Penuh Kemeriahan

Sejak pagi hari, gema takbir berkumandang di berbagai penjuru negeri, menandakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Umat Islam berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri, mengenakan pakaian terbaik mereka.

Suasana hangat dan penuh kebersamaan terasa di mana-mana. Keluarga dan kerabat saling bersilaturahmi, bermaaf-maafan, dan berbagi keceriaan. Anak-anak tampak antusias dengan tradisi “salam tempel” dan hidangan khas lebaran yang lezat.

Tradisi Lebaran yang Unik dan Menarik

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik dan menarik. Di Jawa, misalnya, terdapat tradisi “sungkeman” di mana anak-anak mencium tangan orang tua dan memohon maaf. Di Sumatera Barat, ada tradisi “maarak sapik” atau mengarak sapi keliling kampung.

Momentum untuk Refleksi dan Memperkuat Silaturahmi

Lebaran bukan hanya tentang perayaan, tetapi juga menjadi momen untuk refleksi diri. Umat Islam diajak untuk merenungkan amalan selama Ramadan dan meningkatkan kualitas diri di masa depan.

Lebaran juga menjadi kesempatan untuk memperkuat silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga. Momen ini mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Tantangan dan Harapan di Lebaran 2024

Meskipun penuh sukacita, Lebaran 2024 diwarnai dengan beberapa tantangan, seperti peperangan yang masih berlangsung hingga saat ini dan situasi ekonomi dunia yang belum stabil.

Namun, di tengah berbagai tantangan tersebut, umat Islam tetap optimis dan berharap Lebaran 2024 membawa kedamaian, kebahagiaan, dan keberkahan bagi seluruh bangsa.***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content