Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. (Foto: HUMAS MENPANRB)

SUARAUMAT.com – Antisipasi arus balik Lebaran yang diperkirakan padat, pemerintah menerapkan kombinasi tugas kedinasan dari kantor (Work From Office/WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (Work From Home/WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa dan Rabu, 16-17 April 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa instansi yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik akan diterapkan WFO optimal 100 persen.

“Adapun untuk instansi pemerintah yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan dan layanan dukungan pimpinan, WFH bisa dijalankan maksimal 50 persen dari jumlah pegawai,” ujarnya.

Anas menjelaskan bahwa instansi yang langsung berkaitan dengan masyarakat, seperti bidang kesehatan, keamanan, penanganan bencana, energi, logistik, transportasi, dan lainnya, akan tetap beroperasi optimal sesuai arahan Presiden Jokowi untuk menjaga kinerja pelayanan publik.

Sementara itu, instansi yang terkait dengan layanan pemerintahan dan dukungan pimpinan dapat menerapkan WFH maksimal 50 persen dari jumlah pegawai. Ini termasuk bagian kesekretariatan, keprotokolan, perumusan kebijakan, penelitian, dan analisis.

Guna menjaga agar libur Lebaran tidak mengganggu kualitas pelayanan dan pencapaian tujuan kerja, Anas juga mengimbau agar seluruh instansi pemerintah melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pemenuhan sasaran dan target kinerja organisasi.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content