Penampakan papan informasi jadwal diberlakukannya sistem Ganjil-Genap di Jakarta. (Foto: Korlantas Polri)

SUARAUMAT.com – Polda Metro Jaya telah mengumumkan keputusan untuk meniadakan penerapan kebijakan ganjil genap (gage) selama periode mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Keputusan ini diumumkan melalui akun resmi Twitter TMC Polda Metro Jaya pada hari Minggu (14/4/2024).

Menurut keterangan yang diterbitkan oleh TMC Polda Metro Jaya, kebijakan ganjil genap akan ditiadakan mulai tanggal 6 hingga 15 April 2024. Hal ini berarti kendaraan yang biasanya terkena aturan ganjil genap akan bebas dari pembatasan tersebut selama periode tersebut.

Keputusan ini didasarkan pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 Pasal 3 ayat (3), yang menyatakan bahwa aturan ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang telah ditetapkan dengan keputusan presiden (keppres).

Dengan demikian, kebijakan ganjil genap yang biasanya diterapkan untuk mengatur arus lalu lintas di Jakarta akan tetap tidak berlaku hari ini sehingga memberikan kelonggaran bagi para pemudik dan pengguna jalan selama arus balik Lebaran.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content