Selain kerja sama dengan Xiaomi, Leica, perusahaan kamera Jerman yang terkenal, juga memasarkan ponsel dengan merek sendiri yang dikenal dengan merek "Leitz". Pada pekan ini, Leica memperkenalkan generasi terbaru, yaitu Leitz Phone 3.

Ilustrasi ponsel Leitz Phone 3 dari Leica pabrikan kamera legendaris asal Jerman. /Foto: Leica

SUARAUMAT.com – Selain kerja sama dengan Xiaomi, Leica, perusahaan kamera Jerman yang terkenal, juga memasarkan ponsel dengan merek sendiri yang dikenal dengan merek “Leitz”. Pada pekan ini, Leica memperkenalkan generasi terbaru, yaitu Leitz Phone 3.

Berikut informasi harga dan spesifikasi lengkapnya yang dihimpun Suaraumat.com dari situs resmi Leica

Sebagaimana pendahulunya, Leitz Phone 2 dan Leitz Phone 1 yang muncul pada tahun 2022 dan 2021, Leitz Phone 3 diproduksi oleh Sharp, sebuah perusahaan elektronik asal Jepang, dan hanya dijual di Jepang.

Nama “Leitz” diambil dari pendiri Leica, Ernst Leitz. Merek “Leica” sebenarnya merupakan singkatan dari “Leitz” dan “Camera”.

Leitz Phone 3 memiliki desain luar yang cukup serupa dengan model-model sebelumnya, namun sudut-sudutnya lebih melengkung daripada sebelumnya, memberikan kesan yang lebih modern.

Bagian belakang ponsel ini menampilkan modul kamera bundar yang cukup besar. Di bawahnya terdapat logo khas Leica, yaitu “red dot”, dengan merek “Leitz”.

Tampak depan dan belakang dari ponsel Leitz Phone 3.
Tampak depan dan belakang dari ponsel Leitz Phone 3. /Foto: Leica

Modul kamera pada Leitz Phone 3 menampilkan kamera utama yang dilengkapi dengan sensor 1 inci beresolusi 47,2 MP, dipasangkan dengan lensa 19 mm f/1.9 (setara dengan full-frame). Kamera utama ini memiliki kemampuan digital zoom hingga 6x.

Salah satu keistimewaan dari kamera Leitz Phone 3, sebagaimana pendahulunya yang juga menggunakan sensor gambar 1 inci, adalah adanya aksesori lensa penutup yang dapat dipasang secara magnetis pada modul kamera. Ini membantu melindungi lensa dari kotoran dan kerusakan.

Menurut penjelasan Leica di situs resminya, kamera Leitz Phone 3 dilengkapi dengan serangkaian fitur unik, termasuk koreksi perspektif garis vertikal. Fitur ini memungkinkan bidang-bidang yang terlihat miring karena diambil dari sudut rendah atau tinggi tampak lurus kembali.

Efek koreksi perspektif pada Leitz Phone 3 menyerupai fitur yang biasa ditemukan pada lensa tilt-shift yang sering digunakan dalam fotografi arsitektur, terutama pada kamera DSLR atau mirrorless.

Selain itu, Leitz Phone 3 juga menawarkan simulasi hasil dari tiga lensa Leica yang terkenal, yaitu Noctilux-M 50 mm f/1.2, Summilux-M 28 mm f/1.4, dan Summilux-M 35 mm f/1.4, beserta pengaturan tone dan warna ala Leica.

Layar yang digunakan memiliki panel IGZO OLED berukuran 6,6 inci (dengan resolusi 2.730 x 1.260 piksel), refresh rate 240 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.000 nits.

Meskipun demikian, dalam aspek kinerja, seperti yang dilaporkan oleh GSM Arena, dapur pacu Leitz Phone 3 sedikit tertinggal dari standar smartphone saat ini, dengan menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 2.

Fitur koreksi perspektif di ponsel terbaru Leica, Leitz Phone 3.
Fitur koreksi perspektif di ponsel terbaru Leica, Leitz Phone 3. /Foto: Leica

Spesifikasi tambahan mencakup RAM sebesar 12 GB, penyimpanan internal 512 GB dengan opsi untuk menggunakan kartu microSD hingga 1 TB, sistem operasi Android 14, serta keamanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP65/IP68.

Baterainya memiliki kapasitas sebesar 5.000 mAh, namun belum diungkap apakah mendukung pengisian cepat atau tidak.

Harga Leitz Phone 3 masih belum diumumkan, namun dijadwalkan akan tersedia secara eksklusif di Jepang mulai tanggal 19 April 2024. Sebagai perbandingan, Leitz Phone 2 sebelumnya dijual dengan harga 225.360 yen atau sekitar Rp23,7 juta.***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content