Pengamatan Visual G. Ruang terjadi erupsi pada pukul 20.15 WITA. (foto: PVMBG)

SUARAUMAT.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan peningkatan tingkat aktivitas Gunung Ruang dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas).

Perubahan status ini berlaku efektif sejak tanggal 17 /04/2024 pukul 21.00 WITA. Hal ini berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang.

Dalam keterangan resmi, PVMBG memberikan rekomendasi dan himbauan bagi masyarakat serta pengunjung/wisatawan yang berada di sekitar Gunung Ruang:

  1. Waspada dan Tidak Memasuki Wilayah Radius 6 km: Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan diminta untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.
  1. Evakuasi ke Tempat Aman: Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km diminta untuk segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.
  1. Mewaspadai Potensi Bahaya: Masyarakat di Pulau Tagulandang, terutama yang tinggal di dekat pantai, dihimbau untuk mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang bisa terjadi akibat runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.
  1. Penggunaan Masker: Masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker guna menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.
  1. Pemantauan Aktivitas: Masyarakat di sekitar Gunung Ruang disarankan untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, namun tidak terpancing oleh isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang. Mereka juga diimbau untuk terus mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia atau website resmi PVMBG.

Selain itu, PVMBG juga mengarahkan Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten untuk senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala, dan status akan dianggap tetap jika tidak terjadi perubahan aktivitas yang signifikan pada evaluasi berikutnya.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content