Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, untuk menghadapi perubahan pasar kerja dan teknologi yang memerlukan adaptasi.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. /Foto: dok. Kemnaker

SUARAUMAT.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, untuk menghadapi perubahan pasar kerja dan teknologi yang memerlukan adaptasi.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama di tengah tantangan aging society.

Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kemnaker, menyatakan bahwa kolaborasi antar pemangku kepentingan merupakan fondasi penting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dia menekankan pentingnya kolaborasi ini dalam sebuah acara Focus Group Discussion (FGD) antara Kemnaker dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.

Menurut Anwar, terdapat beberapa isu strategis yang dapat menjadi titik awal kerja sama, seperti penguatan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan berpengetahuan tentang teknologi baru.

Perguruan tinggi juga dapat memberikan masukan strategis tentang bagaimana dinamika ketenagakerjaan dapat diinternalisasikan ke dalam kebijakan di masa depan.

Selain itu, pentingnya magang bagi mahasiswa juga disoroti, karena hal ini membantu mereka memahami lebih dalam tentang dunia kerja. Anwar berharap melalui FGD ini, kerja sama antara UGM dan Kemnaker dalam mengembangkan dan memperkuat BLK, kebijakan ketenagakerjaan, serta program magang bagi mahasiswa dan lulusan baru dapat terwujud.***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content