Presiden Jokowi menerima CEO Apple Tim Cook beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/04/2024). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

SUARAUMAT.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi perusahaan teknologi ternama, Apple di Istana Merdeka, Jakarta (17/04/2024).

Pertemuan tersebut menjadi momentum penting dalam mengeksplorasi rencana strategis Apple di Indonesia.

Dalam keterangan pers usai pertemuan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut berfokus pada rencana strategis Apple di Indonesia serta bagaimana Indonesia bisa menjadi bagian dari rantai pasok global perusahaan tersebut.

Sedangkan menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai bagian dari investasinya di Indonesia.

Saat ini, telah ada tiga Apple Developer Academy yang tersebar di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

Menperin juga menyatakan bahwa Presiden Jokowi mendorong Apple untuk mempertimbangkan pembangunan pabrik manufaktur di dalam negeri, mengingat sejumlah komponen perangkat Apple sudah siap di Indonesia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak Apple untuk membentuk pusat inovasi yang bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

Hal ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja di bidang teknologi informasi.

CEO Apple, Tim Cook menyampaikan kegembiraannya terhadap kinerja ketiga Apple Developer Academy yang telah ada di Indonesia.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan permintaan Presiden Jokowi untuk pembangunan pabrik manufaktur Apple di Indonesia, mengingat potensi investasi yang besar di pasar Indonesia.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Apple menandai langkah signifikan dalam kerjasama strategis antara pemerintah Indonesia dan perusahaan teknologi terkemuka dunia.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content