Pernyataan Pers Pertemuan Bilateral Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Yi. (Foto: Kemenlu RI).

SUARAUMAT.com – Wujudkan visi bersama, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mengajak Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama bilateral antar ke dua negara.

Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, di Jakarta (18/04/2024).

“Kami mengharapkan kedua belah pihak melanjutkan tradisi hubungan yang baik untuk saling membantu dengan tujuan mewujudkan pembangunan China dan Indonesia yang berkualitas tinggi demi masa depan yang lebih cerah,” ujar Wang Yi.

Sebagai negara-negara berkembang, Wang Yi menekankan bahwa kerja sama antara China dan Indonesia akan membawa kontribusi positif dalam mewujudkan pembangunan dunia yang lebih adil dan setara.

Dia juga menyatakan bahwa Indonesia dan China telah bersama-sama sepakat untuk meningkatkan koordinasi antara kedua negara.

Menlu China itu juga menyoroti banyaknya kerja sama yang telah terjalin antara China dan Indonesia dalam berbagai bidang selama satu dasawarsa terakhir.

“Dengan demikian, kedua negara dapat menyediakan lebih banyak pilihan bagi sesama negara berkembang untuk menunjukkan keberpihakan, mewujudkan kerja sama berkelanjutan, serta memperkuat kerja sama di bidang ekonomi digital dan sebagainya,” tambah Wang.

Selain kerja sama di bidang ekonomi digital, Wang Yi juga menegaskan bahwa kerja sama dalam pembangunan berkelanjutan dan transformasi ekonomi akan menjadi fokus penting.

Sebagai negara-negara besar yang bertetangga, China dan Indonesia diharapkan untuk terus memperkuat rasa percaya dan semangat saling membantu antara satu sama lain.

Wang Yi juga menegaskan komitmennya terhadap keterbukaan dan kerja sama ekonomi yang lebih terbuka, inklusif, dan menguntungkan semua pihak, serta menentang tindakan sepihak yang dapat merintangi kerja sama ekonomi.

Selain membahas kerja sama bilateral, Wang Yi juga memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan pemilu di Indonesia dan memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang telah membuat Indonesia semakin maju dan berkembang.

Kunjungan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, ke Indonesia merupakan bagian dari kunjungan internasionalnya yang berlangsung dari tanggal 18 April hingga 23 April 2024. Selain Indonesia, Wang Yi juga akan berkunjung ke Kamboja dan Papua Nugini.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content