Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai membuka Rakerkesnas Tahun 2024, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/04/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat).

SUARAUMAT.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), telah mengeluarkan seruan kepada presiden dan wakil presiden terpilih untuk segera mempersiapkan diri agar dapat langsung memulai tugas mereka setelah pelantikan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden sebagai tanggapan atas hasil penetapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2024.

“Ya, ini kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai semuanya, MK sudah. Kita harus menghormati keputusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat. Kemudian, hari ini juga KPU sudah menetapkan,” ujar Presiden.

“Artinya apa? Presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja,” lanjut Presiden dalam keterangan persnya pada Rabu (24/04/2024), di Tangerang, Banten.

Meskipun begitu, Presiden menegaskan bahwa dirinya dan jajarannya tidak akan membentuk tim transisi untuk mempersiapkan pergantian pemerintahan.

Menurutnya, tugas mereka saat ini hanyalah membantu memastikan bahwa pergantian pemerintahan berjalan dengan lancar dan baik.

“Ini kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik, sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau-kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih,” tambahnya.

Sebagai informasi, KPU pada Rabu (24/04/2024) telah menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content