Pemilihan enam calon anggota DPRK (Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten) Biak Numfor dilakukan pada bulan ini, Mei 2024, oleh Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Pertemuan antara Masyarakat Adat Kankain Karkara Byak dan Lembaga Adat Masyarakat Biak. Pertemuan ini membahas mengenai proses perekrutan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang berasal dari Masyarakat Adat Biak dan Supori, pada hari Senin, 26 Februari 2024, di Kantor Aidoram. /Foto: Dewan Adat/Suaraumat.com

Biak, SUARAUMAT.com – Pemilihan enam calon anggota DPRK (Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten) Biak Numfor dilakukan pada bulan ini, Mei 2024, oleh Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Asisten 1 Sekda Biak Numfor, Semuel Rumaikeuw SH, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Biak Numfor sedang menyelesaikan Peraturan Bupati sebagai panduan bagi panitia pemilihan untuk melaksanakan proses tersebut.

Menurutnya, pemilihan anggota DPRK Biak Numfor periode 2024-2029 dilakukan sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Provinsi Papua dan peraturan turunannya. Enam calon anggota DPRK dipilih berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Semua calon anggota DPRK yang terpilih akan menjalani proses seleksi oleh panitia tim seleksi yang dibentuk oleh pemerintah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Semuel berharap bahwa para anggota DPRK yang terpilih akan menghormati hasil pemilihan, yang merupakan hasil penyaringan dari perwakilan wilayah adat di Kabupaten Biak Numfor.

Proses pemilihan calon anggota DPRK telah memasuki tahap sosialisasi di wilayah adat Kabupaten Biak Numfor, sementara pembentukan panitia pemilihan tingkat kabupaten menunggu proses seleksi dari panitia pemilihan.

Pelantikan enam anggota DPRK terpilih akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan 25 anggota DPRD Kabupaten Biak Numfor yang hasilnya dari Pemilu pada 14 Februari, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 25 Oktober 2024.*** (Antara)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content