Fadil Zumhana, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung, telah meninggal dunia karena sakit. Kabar duka ini dibenarkan oleh Ketut Sumedana, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Fadil Zumhana, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung, meninggal dunia. /Foto: Puspen Kejagung

Jakarta, SUARAUMAT.com – Fadil Zumhana, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung, telah meninggal dunia karena sakit. Kabar duka ini dibenarkan oleh Ketut Sumedana, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, pada Sabtu, 11 Mei 2024.

“Betul,” kata Ketut saat dikonfirmasi, Kompas.com pada Sabtu yang dikutip Suaraumat.com pada Minggu, 12 Mei 2024.

Ketut mengungkapkan bahwa Fadil menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Disebutkan juga selama dua bulan terakhir, Fadil telah menjalani perawatan di RSCM.

“Sudah dua bulan belakangan ini beliau di-opname di RSCM,” ujar dia.

Namun, Ketut tidak mengetahui secara detil penyakit yang diderita oleh Fadil.

“Kalau penyakitnya saya kurang paham,” ucap Ketut.

Pernah tangani kasus Ferdy Sambo

Fadil adalah jaksa yang terlibat dalam menangani berkas perkara dan tuntutan terhadap para terpidana dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat yang melibatkan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Dalam kasus pembunuhan Brigadir J, mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, dituntut penjara seumur hidup, sementara ajudannya, Bharada E atau Richard Eliezer, dituntut 12 tahun penjara.

Tiga pelaku lainnya, yaitu Bripka Ricky Rizal (ajudan Sambo), Kuat Ma’ruf (asisten rumah tangga Sambo), dan Putri Candrawathi (istri Sambo), dituntut 8 tahun penjara.

Fadil menekankan bahwa sejak awal proses prapenuntutan, pihaknya telah bekerja secara transparan.

“Saya dari awal proses prapenuntutan tidak ada masuk angin. Bekerja dengan penuh keterbukaan. Media apa pun nanya saya jawab” kata Fadil dalam konferensi pers di Kejagung, Jakarta, Kamis 19 Desember 2023 lalu.*** (Kompas.com)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content