Juli 19, 2024

Prajurit Marinir dari Pasmar 3 sedang melakukan pemeriksaan sumber air di Kampung Yeflio, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, dalam rangka membasmi perkembangbiakan nyamuk vektor Malaria. Kampung Yeflio merupakan kampung binaan dalam program Kampung Bahari Nusantara, yang dicanangkan oleh Pasmar 3. Foto: Dispen Kormar Sorong.

SUARAUMAT.com, Kabupaten Sorong- Penyakit Malaria menjadi sebuah isu kesehatan yang umum dijumpai di wilayah Tanah Papua. Langkah pencegahan dan penanganan dini terhadap penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles ini turut menjadi perhatian khusus dari jajaran Pasmar 3.

Oleh sebabnya sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, prajurit Pasmar 3 melakukan kegiatan “Fogging dan Posyandu” di lokasi Kampung Bahari Nusantara (KBN), Kampung Yeflio, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (13/06).

Kegiatan ini sebagai penjabaran dari program KBN di bidang atau klaster kesehatan dengan tujuan memberantas perkembangbiakan nyamuk Anopheles yang selama ini menjadi vektor penyakit Malaria.

Selain fogging, kegiatan juga dirangkai dengan pembagian bubuk Abate secara gratis kepada masyarakat Kampung Yeflio untuk membasmi jentik nyamuk di sejumlah sumber dan penampungan air yang dimanfaatkan oleh warga kampung baik di kamar mandi, sumur, maupun tempat penampungan air lainnya.

Pada kesempatan itu sejumlah tenaga kesehatan dari Pasmar 3 juga menyelenggarakan pelayanan Posyandu bagi balita yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan evaluasi serta penyuluhan tumbuh kembang anak.

Di tempat terpisah Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos., M.M., M.Tr.Opsla, menyampaikan bahwa pelayanan terhadap warga Kampung Yeflio merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Laut, khususnya Korps Marinir, terhadap peningkatan kesehatan masyarakat desa pesisir dalam bingkai program KBN TNI-AL.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content