Juli 19, 2024

Potret kehadiran dan kepedulian prajurit TNI di tengah masyarakat ditunjukkan oleh Babinsa Kodim 1710-03/Kuala Kencana. Selain menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos), para Babinsa ini juga berperan aktif dalam membantu masyarakat membersihkan sisi jalan. Foto: Pen Kodim 1710/Mimika.

Kabupaten Mimika, SUARAUMAT.com- Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan upaya Babinsa untuk menjalin hubungan dengan warga binaannya dengan maksud pertalian komunkasi yang sudah ada menjadi lebih dekat dan akrab, hal ini juga salah satu pelaksanaan metode Binter (pembinaan territorial) TNI AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI dengan Rakyat.

Seperti halnya yang dilakukan Serka Noben Wenda dan Koptu Johansyah yang merupakan anggota Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana ketika melaksanakan kegiatan Komsos dengan warga masyarakat binaan di Kampung Karya Kencana, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, sembari membersihkan sisi kanan maupun kiri jalan agar terlihat rapi dan indah, pada Kamis (20/06).

Pada kesempatan tersebut, Serka Noben mengimbau kepada warga agar lebih aktif dalam menjaga kebersihan lingkungannya, karena lingkungan yang kotor dan kumuh berpotensi menjadi sarang penyakit.

“Kami berharap perlu dilakukan upaya menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, sehingga tercipta kawasan yang sehat bagi warga masyarakat,” ujarnya.

Menurut Noben lagi, kegiatan yang dilakukan ini merupakan wujud nyata kedekatannya dengan masyarakat dalam menjaga wilayah teritorialnya agar tetap aman, bersih, dan kondusif.

Ia merasa banyak manfaat yang didapat dari kegiatan Komsos tersebut. Selain mempererat hubungan silaturahmi, keadaan situasi di wilayah juga dapat terus termonitor sehingga mencerminkan kepedulian seorang Aparat Teritorial kepada masyarakat di wilayah binaannya.

“Komsos juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan,” pungkasnya.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content