Juli 19, 2024

Inspektur Jenderal TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto membacakan pesan Peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (10/7). Foto: Puspen TNI.

Jakarta, SUARAUMAT.com- Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar kegiatan Ceramah Rohani dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H.

Kegiatan dilaksanakan di Masjid Panglima Besar Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (10/7).

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutannya yang dibacakan Irjen TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto mengutarakan bahwa peringatan  Tahun Baru Hijriah  pada hakikatnya merupakan sarana atau kesempatan bagi setiap prajurit TNI untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Subhanahu  Wa Ta’ala.

“Sejarah mencatat bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabat melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah. hijrah itu dilakukan bukan saja karena perintah Allah Subhanahu  Wa Ta’ala, tetapi juga merupakan  ujian keimanan sekaligus menjadi sarana pembentukan akhlak dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih bermartabat,’’  jelas Jenderal Agus Subiyanto.

Jenderal Agus Subiyanto juga berpesan bagaimana makna hijrah perlu  direnungkan oleh umat Islam setiap memperingati  Tahun Baru Hijriah. Landasan batin semacam itu, sambungnya, merupakan akhlak  yang resmi  dibentuk dan dikembangkan  agar seorang muslim mau dan mampu berhijrah dari hal yang buruk ke hal yang baik, dari yang salah menuju yang benar, yaitu perilaku yang merugikan menuju ke perilaku yang  bermanfaat.

Sementara itu dalam tausiahnya, Dr. Othman Omar Shihab, LC., M.A yang dalam kesehariannya  bertugas sebagai lektor di Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menerangkan bahwa  hijrah secara maknawi merupakan  ujian untuk  meningkatkan keimanan, perjuangan, perubahan kepada yang lebih baik, serta kesungguhan dalam berjuang dan kesabaran.

“Ibnu Yusuf  dalam kajian filsafatnya menyampaikan,  bahwa makna bersyukur hidup ini simpel, mudah, sangat sempurna kalau kita memahami lima hal, yakni belajar hidup ini untuk tidak merasa memiliki sesuatu,  belajar hidup ini untuk tidak dimiliki oleh sesuatu, berbuatlah  kepada sesuatu  bukan karena sesuatu itu tapi karena Allah,  kalau diambil jangan kecewa karena pada hakekatnya semua yang kita miliki merupakan titipan Allah, dan yang terakhir siapa yang mendekatkan diri  kepada Allah Subhanahu  Wa Ta’ala, pasti akan dikabulkan semua permintaannya,” ungkap Othman Shihab.

Peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Mabes TNI mengangkat tema  “Jadikan Semangat Muharam untuk Perubahan yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045”.

Turut hadir dalam peringatan ini Pejabat Utama  Mabes TNI, Prajurit dan PNS di lingkungan  Mabes TNI.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content